58. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Model PjBL Siswa Kelas III SD 3 Mejobo
Keywords:
Aktivitas, Hasil, Project Based LearningAbstract
Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Simetri Siswa Kelas III SD 3 Mejobo. Project based learning merupakan model pembelajaran yang bersifat kontekstual dengan menggunakan proyek sebagai media sehingga diharapkan dapat merubah cara belajar peserta didik secara mandiri dengan meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas peserta didik. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi simetri melalui penerapan model PjBL. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD 3 Mejobo Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan dokumen daftar nilai, dokumen data aktivitas, lembar observasi dan butir soal tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dilihat dari peningkatan aktivitas belajar peserta didik kondisi awal 69 % menjadi 81 % pada kondisi akhir dan peningkatan hasil belajar siswa dengan perolehan skor rata-rata yakni 77,06 serta persentase ketuntasan klasikal yaitu 82,35 % di kelas III SD 3 Mejobo