58. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Model PjBL Siswa Kelas III SD 3 Mejobo

Authors

  • Puput Malia Rosalina Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Churiyah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Aktivitas, Hasil, Project Based Learning

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Simetri Siswa Kelas III SD 3 Mejobo. Project based learning merupakan model pembelajaran yang bersifat kontekstual dengan menggunakan proyek sebagai media sehingga diharapkan dapat merubah cara belajar peserta didik secara mandiri dengan meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas peserta didik. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi simetri melalui penerapan model PjBL. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD 3 Mejobo Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan dokumen daftar nilai, dokumen data aktivitas, lembar observasi  dan butir soal tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dilihat dari peningkatan aktivitas belajar peserta didik kondisi awal 69 % menjadi 81 % pada kondisi akhir dan peningkatan hasil belajar siswa dengan perolehan skor rata-rata yakni 77,06 serta persentase ketuntasan klasikal yaitu 82,35 % di kelas III SD 3 Mejobo

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rosalina, P. M., Damayani, A. T., & Churiyah. (2023). 58. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Model PjBL Siswa Kelas III SD 3 Mejobo . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 517–527. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3970

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)