Peningkatan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodoks Melalui Pendekatan Berdiferu ensiasi dan Pendekatan Permainan Dengan Menggunakn Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas VIII E Semester 2 SMPN 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Dhaniel Erlangga Dhaniel Universitas PGRI Semarang
  • suprapti prapti SMP Negeri 37 Semarang
  • Fajar Ari Widiyanto
  • Donny Anhar Fahmi

Abstract

Ketik Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tolak peluru gaya ortodoks pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 37 Semarang melalui pendekatan berdiferensiasi dan pendekatan permainan dengan menggunakan modifikasi alat. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman dan prestasi siswa dalam materi tolak peluru, yang disebabkan oleh kurangnya motivasi, metode pembelajaran yang kurang ariative, dan sarana prasarana yang terbatas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan tolak peluru siswa. Pada pra-siklus, hanya 46,875% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan (KKTP), dengan rata- rata nilai 61,46. Setelah penerapan pendekatan berdiferensiasi dan modifikasi alat pada siklus I, persentase siswa yang mencapai KKTP meningkat menjadi 93,75% dengan rata-rata nilai 75,51. Pada siklus II, dengan pendekatan permainan dan modifikasi alat yang lebih interaktif, seluruh siswa (100%) mencapai KKTP dengan rata-rata nilai 82,39. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan berdiferensiasi dan permainan dengan modifikasi alat efektif dalam meningkatkan keterampilan tolak peluru gaya ortodoks. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi guru Pendidikan Jasmani dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, serta dapat dijadikan referensi untuk penelitian serupa di masa mendatang.

References

Arya T, Candra, Candra, A. T., & Wawan Setiawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu Modifikasi Bola Kasti. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6, 25–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3661567

B. Abduljabar, Dr. (2011). Pengertian Pendidikan Jasmani.

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. 4. http://repo.iain-

Idris, A. (2016). Pembinaan Cabang Olahraga Atletik PPLPD Kabupaten Nganjuk. Jurnal Kesehatan Olahraga, 4(4), 1–9.

Halim, A., Savitri Noor, L., Putu, I., Dharma Hita, A., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN JASMANI. Community Development Journal, 4(2), 1601–1606.

Husnul Hotimah. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Edukasi, 3, 5.

Kemendiknas. (2011). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. http://buku.kemdikbud.go.id Mardius, A., & Astuti, Y. (2023). Korelasi Antara Daya Ledak Otot Ekstremitas dan Hasil Tolak Peluru Gaya

O’Brein. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (JPIP), 1, 37–43.

Maria Ulfa, & Saifuddin Saifuddin. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. 30,

https://doi.org/10.23917/suhuf.v30i1.6721

Muhammad Abdurrochim, & Prafangasta Diantama. (2020). Pengaruh Latihan Medicine Ball Dan Latihan Pus Up Terhadap Hasil Tolak Peluru Pada Siswa SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020.

CENDEKIA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN), 4, 94–105.

https://www.cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/84

Pane, & Darwis Dopang. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2). Pinangkaan, E. A. M., Pendidikan, D. P., Kesehatan, J., Fik, R., Negeri, U., & Abstract, M. (2022). Pengaruh

Gaya Mengajar Komando Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Pada Siswa SMA.

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 124–129. https://doi.org/10.5281/zenodo.7323056

Rahmat, Z. (2015). Atletik Dasar & Lanjutan. Atletik Dasar & Lanjutan, 1–97. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/452/1/Atletik_Dasar_dan_Lanjutan.pdf

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran.

Syamsul Arifin. (2017). PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER

PESERTA DIDIK. Jurnal Multilateral.

Yulia Sari, Y., Putri Ulfani, D., & Ramos, M. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Vol. 6, Issue 2).

https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Dhaniel, D. E., prapti, suprapti, Widiyanto, F. A., & Fahmi, D. A. (2024). Peningkatan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodoks Melalui Pendekatan Berdiferu ensiasi dan Pendekatan Permainan Dengan Menggunakn Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas VIII E Semester 2 SMPN 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020272. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7167

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi