Penerapan Pendekatan TARL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Loncat Kangkang Siswa Kelas XI 10 SMA N 2 Semarang

Authors

  • Galeh Saputra Universitas PGRI Semarang
  • Dias Andrias Susanto Universitas PGRI Semarang
  • Osa Maliki Universitas PGRI Semarang
  • Tomi Rully Winarto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Teaching at the Right Level (TaRL, loncat kangkang, hasil belajar, pendidikan jasmani, diferensiasi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar loncat kangkang pada peserta didik kelas XI-10 SMA Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025 melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Pendekatan TaRL memungkinkan guru mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan dan memberikan intervensi pembelajaran yang sesuai secara bertahap dan terarah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes praktik keterampilan loncat kangkang menggunakan alat peti loncat dengan beberapa tingkatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pratindakan hingga siklus II. Pada pratindakan, hanya 8% siswa tergolong sangat mahir, 20% mahir, dan 72% belum mahir. Setelah siklus I, kategori sangat mahir meningkat menjadi 19%, mahir 50%, dan belum mahir turun menjadi 31%. Pada siklus II, hasil belajar meningkat signifikan dengan 38% siswa tergolong sangat mahir, 56% mahir, dan hanya 6% belum mahir. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan keterampilan loncat kangkang peserta didik secara bertahap dan sesuai kebutuhan belajar mereka. 

Author Biographies

Dias Andrias Susanto, Universitas PGRI Semarang

Universitas PGRI Semarang

Osa Maliki, Universitas PGRI Semarang

Universitas PGRI Semarang

Tomi Rully Winarto, Universitas PGRI Semarang

Universitas PGRI Semarang

References

Ananda, R., Putri, L. S., & Wijaya, M. (2024). Efektivitas pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan keterampilan motorik siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Jasmani, 12(1), 35-45.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Bala, N., Das, J., & Ganimian, A. J. (2016). The potential of Teaching at the Right Level (TaRL) approach in improving foundational skills: Evidence from field studies in India. J-PAL Working Paper.

Banerjee, A., Cole, S., Duflo, E., & Linden, L. (2016). Remedying education: Evidence from two randomized experiments in India. Quarterly Journal of Economics, 123(3), 1235–1264. https://doi.org/10.1093/qje/qjs022

Depdiknas. (2008). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP dan SMA. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Islamin, M., Rahman, S., & Fauzi, A. (2022). Pembelajaran PJOK berbasis online selama pandemi: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 10-20.

Nugroho, T. (2021). Tantangan pembelajaran olahraga di sekolah menengah: Studi kasus senam lantai. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 9(3), 30-38.

Pangestu, D., & Pratama, H. (2025). Penerapan strategi pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar PJOK pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 50-60.

Rahayu, S. (2018). Latihan dasar dalam pembelajaran gerakan senam lantai untuk pemula. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 65-70.

Rahman, F. (2022). Pendekatan bertahap dan terarah dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 12-18.

Sari, L., & Hartono, P. (2023). Pengaruh pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar olahraga siswa SMA. Jurnal Pendidikan Olahraga Terapan, 11(2), 25-32.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sukadiyanto & Haifani. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Kepelatihan. Yogyakarta: FIK UNY.

Suryani, E. (2020). Peran pendidikan jasmani dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 40-50.

Widiastuti, R. (2020). Implementasi Teaching at the Right Level dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 8(1), 15–24.

Wijaya, R. (2019). Koordinasi motorik dalam senam lantai: Analisis gerakan loncat kangkang. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 8(2), 75-82.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Saputra, G., Dias Andrias Susanto, Osa Maliki, & Tomi Rully Winarto. (2024). Penerapan Pendekatan TARL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Loncat Kangkang Siswa Kelas XI 10 SMA N 2 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020329. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7242

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.