Implementasi Modifikasi Alat Melalui Pendekatan TaRL & Pendekatan TGFU Terhadap Peningkatan Keterampilan Tolak Peluru Siswa
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa kelas VIII C SMP Negeri 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025 melalui implementasi modifikasi alat dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan Teaching Games for Understanding (TGFU). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I menerapkan modifikasi alat melalui pendekatan TaRL, sedangkan siklus II menggunakan pendekatan TGFU. Data dikumpulkan melalui observasi, tes keterampilan tolak peluru, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan secara signifikan. Pada kondisi prasiklus, rata-rata nilai siswa sebesar 66,40 dengan 15 siswa (45%) belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah tindakan pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 75,92 dengan 7 siswa (21%) belum belum memenuhi KKTP. Pada siklus II, seluruh siswa (100%) memenuhi KKTP dengan rata-rata nilai 82,68. Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi modifikasi alat dengan pendekatan TaRL dan TGFU dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa secara bertahap dan efektif, dengan pendekatan TGFU pada siklus II terbukti lebih optimal.
References
Arya T, Candra, Candra, A. T., & Wawan Setiawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu Modifikasi Bola Kasti. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6, 25–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3661567
B. Abduljabar, Dr. (2011). Pengertian Pendidikan Jasmani.
Decheline, D., Muslim, A., & Handayani, R. (2021). Penerapan model pembelajaran TGfU terhadap hasil belajar siswa dalam permainan bola besar. Community Service and Project (CSP), 2(2), 76–83. https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/15879
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. 4. http://repo.iain-
Idris, A. (2016). Pembinaan Cabang Olahraga Atletik PPLPD Kabupaten Nganjuk. Jurnal Kesehatan Olahraga, 4(4), 1–9.
Halim, A., Savitri Noor, L., Putu, I., Dharma Hita, A., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN JASMANI. Community Development Journal, 4(2), 1601–1606.
Husnul Hotimah. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Edukasi, 3, 5.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Direktorat Jenderal GTK, Kemdikbudristek RI.
Kemendiknas. (2011). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. http://buku.kemdikbud.go.id
Mardius, A., & Astuti, Y. (2023). Korelasi Antara Daya Ledak Otot Ekstremitas dan Hasil Tolak Peluru Gaya O’Brein. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (JPIP), 1, 37–43.
Maria Ulfa, & Saifuddin Saifuddin. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. 30, 35. https://doi.org/10.23917/suhuf.v30i1.6721
Muhammad Abdurrochim, & Prafangasta Diantama. (2020). Pengaruh Latihan Medicine Ball Dan Latihan Pus Up Terhadap Hasil Tolak Peluru Pada Siswa SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020. CENDEKIA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN), 4, 94–105. https://www.cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/84
Pane, & Darwis Dopang. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2).
Pinangkaan, E. A. M., Pendidikan, D. P., Kesehatan, J., Fik, R., Negeri, U., & Abstract, M. (2022). Pengaruh Gaya Mengajar Komando Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 124–129. https://doi.org/10.5281/zenodo.7323056
Rahmat, Z. (2015). Atletik Dasar & Lanjutan. Atletik Dasar & Lanjutan, 1–97. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/452/1/Atletik_Dasar_dan_Lanjutan.pdf
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31
Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran.
Syamsul Arifin. (2017). PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Multilateral.
Suryani, D., & Sulaiman, R. (2020). Modifikasi alat pembelajaran pendidikan jasmani untuk anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 45–52.
Yulia Sari, Y., Putri Ulfani, D., & Ramos, M. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Vol. 6, Issue 2). https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login
Widiastuti, I. K., & Winarsih, R. (2021). Strategi modifikasi alat dalam pembelajaran PJOK di masa pandemi. Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, 4(1), 12–19. https://doi.org/10.25299/jikk.2021.vol4(1).6252