PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL BERBANTU LKPD
Keywords:
kemampuan pemecahan masalah matematis, problem based learning, teaching at the right level, lembar kerja peserta didikAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI-11 SMA Negeri 9 Semarang melalui implementasi model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi matriks. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 39.89 pada pra-siklus menjadi 65.22 pada siklus I dan mencapai 77 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 11.11% pada pra-siklus menjadi 47.22% pada siklus I dan mencapai 77.78% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL berbantu LKPD efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Dengan implementasi model PBL dengan TaRL memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif dan mandiri dalam proses belajar, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep matematika yang kompleks.
References
Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bermuatan Higher-Order Thinking Skills ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1564–1578.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3743
Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 56-69.
Dinda, Alben Ambarita, Herpratiwi, & Nurhanurawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, Volume 5, Nomor 5, hal. 3712-3722.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439
Falakhudin, A., Fadhillah, M., & Prasetyo, Y. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Fungsi dengan Problem Based Learning dan Pendekatan TaRL. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 18(1), 78-85.
Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61.
https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/download/42534/29915
Hidayat, R., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 114. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema Journal, 5(2), 312-324. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3576
Husnidar, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i1.1243
Istiqomah, N., Aunurrofiq, M., & Winarti, E. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI F-6 SMAN 12 Semarang Melalui Model PBL dengan Pendekatan TaRL Berbantuan Teachmint. Proceeding Unnes, 1062-1070.
https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3467/2911
Jaisook, S., Chidmongkol, S., & Thongthew, S. (2013). A Mathematics Instructional Model by Integrating Problem Based Learning and Collaborative Learning Approaches. 7th International Technology, Education and Development Conference, 13(2), 271–294.
https://so02.tcithaijo.org/index.php/hasss/article/view/14507/14132
Jan’nah, Miftahul, & Suherman. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Edukasi dan Pendidikan Matematika, 10(1), 63-70. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/11478/4566
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Guru untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112-125.
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. Diva Press.
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 724-730.
Rifa’i, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 109-116.
Sari, R. K., Goretty, M., Ariyanto, L., & Purwati, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Eksponen, 13(1), 25–36.
https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i1.682
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana.
Widiastuti, L., Anwar, S., & Yulianto, H. (2023). Penerapan Model PBL dengan Pendekatan TaRL Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 110-120.
Wijayanti, K., & Trimurtini. (2022). Analisis Penalaran Matematika Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Ditinjau dari Teori Vygotsky. Joyful Learning Journal, 11(4).