Upaya Peningkatan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Dengan Pendekatan TaRL Kelas XI Perhotelan C SMK Negeri 1 Bawen
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas XI Perhotelan C SMK Negeri 1 Bawen. Observasi awal menunjukkan banyak siswa belum menguasai teknik passing atas karena perbedaan kemampuan dan kurangnya metode pembelajaran yang sesuai. Pendekatan TaRL menyesuaikan materi dengan tingkat kemampuan aktual siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan terarah. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dalam dua siklus, dengan subjek 35 siswa. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari hasil observasi dan penilaian keterampilan, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan passing atas: dari 25,7% siswa tuntas pada pra-siklus, menjadi 40% pada siklus I, dan 68,6% pada siklus II. Pembelajaran juga menjadi lebih menyenangkan dan meningkatkan motivasi siswa. Dengan demikian, pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan keterampilan passing atas bola voli pada siswa XI Perhotelan C SMK Negeri I Bawen.
References
Ahmad Faisal. (2022). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Passing atas bola voli Kelas XI GP SMK Negeri 2 Karang Baru melalui Pendekatan Teaching Games For Understanding (TGFU) Tahun 2022. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(3). https://doi.org/10.57251/MULTIVERSE.V1I3.765
Ahmadi, N. (2007). Panduan olahraga bola voli / Nuril Ahmadi ; Editor: Didin.
Alfyanti, A., Siregar, F. H., Padang, I. N., Ginting, J. R., Melati, S. A., & Siregar, S. (2024). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bagi Anak Sekolah Dasar. JETBUS: Journal of Education Transportation and Business, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.57235/JETBUS.V1I1.2722
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Astuti. (2018). Efek Metode Latihan Sirkuit dan Metode Rangkaian Bermain Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Bolavoli. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 73–82.
Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 01. https://doi.org/10.24235/AL.IBTIDA.SNJ.V4I1.1276
Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). Mainstreaming an Effective Intervention: Evidence from Randomized Evaluations of "Teaching at the Right Level" in India. American Economic Journal: Applied Economics, 8(1), 1–29.
Dwinata Nandaka, P., Sudiana, I. K., & Doddy tisna MS, G. (2022). PENGARUH METODE LATIHAN BOLA GANTUNG TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KETEPATAN SMASH PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMPN 2 PURWOHARJO. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 13(2), 67–73. https://doi.org/10.23887/JJPKO.V13I2.53791
Fernández-Rio, J. M., & Méndez-Giménez, A. (2015). El Aprendizaje Cooperativo: Modelo Pedagógico para Educación Física (Cooperative learning: Pedagogical Model for Physical Education). Retos, 29, 201–206. https://doi.org/10.47197/retos.v0i29.38721
Gadzali, S. S., Gazalin, J., Sutrisno, S., Prasetya, Y. B., & Almaududi Ausat, A. M. (2023). Human Resource Management Strategy in Organisational Digital Transformation. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 760–770. https://doi.org/10.33395/JMP.V12I1.12508
Iskandar, M. I. (2021). Peningkatan Keterampilan Passing atas bola voli Melalui Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V Sd N Somomorodukuh Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 8(1), 36–42.
Sarwita, T. (2017). Pengaruh Latihan Passing Atas Berpasangan Terhadap Ketepatan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli Pada Klub Pervodac. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 31–37. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/777
Setia Budi, A. (2021). Pengaruh Latihan Passing Atas ke Dinding dan Berpasangan Terhadap Keterampilan Bola Voli pada Siswa Ekstrakurikuler di SMP Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i2.15626
Setiawan, A. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Dalam Bola Voli Kelas Viii Smp N 1 Japah Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 369–374. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i3.117
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Sugihartono, M. P. dan T. yulia_ayriza@uny. ac. i. (2012). Psikologi Pendidikan. Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&? Retrieved November 26, 2024, from https://www.academia.edu/118903676/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kuali tatif_dan_R_and_D_Prof_Sugiono
Suseno, W., Muhtar, T., & Sudrazat, A. (2023). Pengaruh Bentuk Latihan Circuit Training Terhadap Ketepatan Shooting Pada Club Sepakbola Cirebon United Kota Cirebon. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(3), 828–839. https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8457
Yang, J. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pendidikan Nasional. Global Shadows: Africa In The Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.
Yuliana, D., & Prasetyo, A. (n.d.). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level ( TaRL ) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMP N 15 Semarang.