UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR MATERI KEBUGARAN JASMANI KECEPATAN DAN KELINCAHAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR PADA KELAS XI 2 SMA NEGERI 11 SEMARANG
Keywords:
Gobak Sodor, Psychomotor Learning Outcomes, Traditional GamesAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor materi kebugaran jasmani khususnya aspek kecepatan dan kelincahan melalui penerapan permainan tradisional gobak sodor pada siswa kelas XI 2 SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian dilaksanakan dengan satu siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI 2 SMA Negeri 11 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kecepatan (lari 40 meter) dan kelincahan (shuttle run 4x10 meter). Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan membandingkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar psikomotor siswa. Pada aspek kecepatan, nilai rata-rata meningkat dari 6,37 detik menjadi 5,92 detik, dan pada aspek kelincahan dari 10,91 detik menjadi 10,25 detik. Persentase siswa yang mencapai kriteria nilai ≥75 pada pretest sebesar 66,67% dan meningkat pada posttest menjadi 97,22%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan permainan tradisional gobak sodor efektif untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor kecepatan dan kelincahan pada pembelajaran pendidikan jasmani.
Kata kunci: Gobak Sodor, Hasil Belajar Psikomotor, Kecepatan, Kelincahan, Permainan Tradisional
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Pengembangan Profesi Guru. Bumi Aksara.
Dewi, E. K. (2021). Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah.
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(2), 112-125.
Hidayat, A., & Wulansari, A. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(1), 78-89.
Kurniati, E. (2021). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Prenadamedia Group.
Kusnaedi, K., & Sinulingga, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 5(3), 215-228.
Putra, A. D., & Sugiyanto, F. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Keterampilan Gerak Dasar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Keolahragaan, 10(1), 45-56.
Santika, I. G. P. N. A., & Subekti, M. (2021). Kebugaran Jasmani dan Prestasi Belajar. Rajawali Pers. Sukmadinata, N. S., & Syaodih, E. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Refika Aditama. Widiastuti. (2022). Tes dan Pengukuran Olahraga. Rajawali Pers.
Widodo, W. (2020). Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 72-85.