Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas 4C di SDN Sarirejo Semarang
Keywords:
Budaya Daerah, Media Konkret, pembelajaran kontekstual, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didikkelas 4C SDN Sarirejo melalui penerapan media konkret budaya dan kearifan lokal. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis & McTaggart. Pada siklus I, pembelajaran masih menggunakan media gambar dan video kebudayaan, sementara pada siklus II, guru menghadirkan media konkret seperti saron, angklung, batik, kebaya, blangkon, dan wayang. Kegiatan seperti membatik, menari, bermain alat musik tradisional, hingga bermain peran berhasil meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Hasil belajar meningkat pada siklus I ke siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa media konkret berbasis budaya efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didiksekaligus menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.
References
Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Duratun, A. D., Rokhman, F., & Supriyadi, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar IPAS Fase B Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Barat guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta didikKelas IV Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2068–2078. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6600
Efektif, B. P. (2022). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 2022 e-ISSN: 2829-3541. 2023, 30–33.
Faizin, Masruhim, P. (2020). Seminar nasional pendidikan profesi guru tahun 2020. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina 3 Tarakan, November, 63–68.
Febrianti, W. E., Ngazizah, N., Khaq, M., & Purworejo, M. (2024). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal. 11(1), 31–37.
Karimah, A. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran IPAS di SDN Pekayon 15 Pagi. 5(5), 2020–2028.
Kristin, F. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (Pbb) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p46-59
Naitili, C. A., & Nahak, K. E. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal “Eclipse Ammu Pe” Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta didikSekolah Dasar. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 93–101. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.1017
Pendekatan, M., Responsive, C., & Crt, T. (2024). Meningkatkan hasil belajar ipas peserta didik kelas iv melalui pendekatan. 09(September).
Pratiwi, N. R., Mariati, P., & Achomadin, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Keragaman Budaya melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Peserta Didik Kelas IV UPT SDN 162 Gresik. National Converence For Ummah (NCU), 01(01), 160–165.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Alfabeta.
Widiantari, A. A. A. M., Margunayasa, I. G., & Yudiana, K. E. (2025). Website-Based Local Wisdom Learning Media of Bali to Enhance Student Learning Interest in the Subject of IPAS on Photosynthesis. 9(1), 31–41.