PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IIIC MELALUI MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SDN KARANGANYAR GUNUNG 02

Authors

  • Agung Dwi Baskoro Universits PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universits PGRI Semarang
  • Nur Riskiyati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar,, Audiovisual

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III C pada mata pembelajaran tematik SDN Karanganyar Gunung 02 mendorong dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tematik. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diperlukan model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning menggunakan dengan media audiovisual. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan Pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan RPP dan media sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian dengan digunakannya model Problem Based Learning menggunakan media audiovisual menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang sangat signifikan. Pada tahap pra siklus, diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik 60 dengan prosentase 21,4%. Kemudian Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 75,5 dengan persentase meningkat menjadi 75%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 88,5 dan prosentase menjadi 92,8%.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning menggunakan media audio visual dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik.

References

Ades, Sanjaya. 2011. Model-Model Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Laerning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary School] polyglot: Jurnal Ilmiah. 14(1), 9-18.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. 2014. Penerapan Model Problem Based Laerning untuk Meningkatkan KEmampuan Pemecahan Masalah tematik Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2 (1).

Karlina, E. 2017. Analisis Pembelajaran Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan Menggunakan Kurikulum 2013 di SMAN 46 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 1(1).

Kurnia, U., Rifai., H & Nurhayati, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Laerning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas SMAN 5 Padang. Pillar of Physics Education, 6 (2).

Mawardi, 2014. Penyesuaian Komponen-Komponen PTK Setelah Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013. UKSW Salatiga.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Novitasari, R. A., & Anugraheni, I. 2017. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Taruna Bangsa Melalui Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal handayani PGSD FIP Unimed, 7(2), 77-83).

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) BIdang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 102.

Sit, M., & Nasution, R. A. (2021). Model Alternatif Parenting Islami pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1111-1125. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1149

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: CV. Alfabeta.

Wijaya, R. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Laerning. Basic Education, 5(34), 3-227.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Agung Dwi Baskoro, Qoriati Mushafanah, & Nur Riskiyati. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IIIC MELALUI MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SDN KARANGANYAR GUNUNG 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3311–3317. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5666

Issue

Section

Prosiding 2023