Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Papinka (Papan Pintar Matematika) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III B SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Authors

  • Fitrotun Nadzifah Universits PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universits PGRI Semarang
  • Siti Khuluqul Khasanah Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), PAPINKA (Media Papan Pintar Matematika), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model Problem Based Learning dengan media papan pintar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Mc. Taggart berbentuk spiral yang memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III B SDN Karanganyar Gunung 02 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes serta dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif atau teknik analisis data dengan perbandingan antara pra siklus, siklus I dan siklus II. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% ketuntasan dengan nilai KKM > 70. Berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media papinka (papan pintar matematika) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini terbukti setelah peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media papinka (papan pintar matematika) persentase ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan pra siklus sebesar 17 % sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan 57 %  dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 87% dari 23 peserta didik.

References

Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan , 124-132.

Alpian,dkk. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Buana Pengabdian , 67.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar . Polyglot:Jurnal Ilmiah , 11.

Chasanah, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media PAPINTU (Papan Pintar Waktu) Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Brumbung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pascasarjana Universitas PGRI Semarang .

Farhana, H., & Muttaqien, N. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.

Firdaussy, A. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Papan Pintar untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika di. jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi , 65-69.

Irfadhila, dkk. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kubus dan Balok Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora .

Lidinillah,A.(2013). Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Inovatif .

Mawardi.(2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatuistiwa , 107.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika , 659.

Najoan,R.(2023).Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Pendidikan , 1268-1278.

Riswati, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 102.

Sari, dkk. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling , 155.

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas . Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , 88-89.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fitrotun Nadzifah, Qoriati Mushafanah, & Siti Khuluqul Khasanah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Papinka (Papan Pintar Matematika) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III B SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3394–3402. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5677

Issue

Section

Prosiding 2023