PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD SUPRIYADI SEMARANG
Keywords:
Problem Based Learning, Wordwall, hasil belajar, Matematika, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall. Latar belakang penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil belajar dan kurangnya partisipasi siswa kelas IV SD Supriyadi Semarang, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional dan minimnya penggunaan media interaktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas IV, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari 65 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 12 orang (46%) menjadi 24 orang (77%). Selain itu, uji gain ternormalisasi menunjukkan nilai sebesar 0,32 yang termasuk dalam kategori sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV. Dengan demikian, strategi ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna di sekolah dasar.
References
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Hartati, F. R., Sumartiningsih, S., & Yuwono, A. (2024). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD : Literatur Review. 10(4), 1306–1314.
Hutabarat, D. S., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan Teori Pembelajaran Robert M.Gagne Pada Proses Belajar Matematika SMA. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 58–65. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.287
Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9526
Made astika, I. ayu. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Metode Eksperimen Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30196
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Nafian, R. K., Widayanti, U. A., & Rahmawati, I. (2024). Penggunaan Media Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Gumul Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(04), 747–750.
Nurhasanah, N. (2018). Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Mahasiswa Mata Kuliah Geometri. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), 62. https://doi.org/10.35329/fkip.v14i1.186
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(2), 135–148. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy
Prodi, J., Wardana, I. W., & Safitri, R. (2022). Jurnal Prodi Prod i Pendidikan Matematika Mate matika (JPMM), Volume 4, Nomor 2, Tahun Tahun 2022. 4, 468–477.
Ramadhani, A., Wandini, R. R., & Aminah, S. (2023). Pembelajaran Dan Penilaian Tematik Di SD/MI. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10388–10397.
ROKHIM, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Komposisi Foto Dan Video Dengan Metode Tutor Sebaya Dan Berbantuan Media Youtube. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 58–75. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.82
Sutanto, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i1.0009
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.