mplementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V A Sdn Pandeanlamper 03 Semarang
Keywords:
Bahasa Indonesia, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik kelas V A SDN Pandeanlamper 03 Semarang yang hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diketahui dari nilai ulangan harian tahun pelajaran 2023/2024 rendah. Nilai rata-rata kelas di bawah KKM 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah Projeblem Based Learning yang pelaksanaannya dilaksanakan selama II siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V A SDN Pandeanlamper 03 Semarang dengan jumlah peserta didik sebanyak 28. Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada siklus I peserta didik telah mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 60,71 % dan pada siklus II telah mengalami peningkatan hasil belajar sebanyak 85,72%. Berdasarkan pemaparan tersebut menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dari adanya ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus sampai siklus II yang meningkat.
References
Agustin, V. N. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2 (1).
Dharma, M.S., Dkk. 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Problem Based Learning Berbantu Media Canva pada Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 03. Jurnal on Education. Vol. 5. No. 4. Hal 12272-12280.
Munawaroh, A., Dkk. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantu Media Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Ii Sdn Pandean Lamper 01 Semarang. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 2. No. 2. 164-178.
Nurhayati, N. Mardiana, and Rianti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidik. Dasar Setia Budhi.
Pour, A. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Kekatifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. Vol. 2. No. 1.
Rahayu, S. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Vol. 5 No. 1.
Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.
R. Andriani and R. Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manaj. Perkantoran. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
Setyosari, P., & Sumarmi, S. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.
Viorentina, M., S., Dewi, S., H., dan Lestari, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Topik Integral. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer. Vol. 1. No. 2. 27-32.
Wulandari, E. 2012. Penerapan Model PBL (Problem based learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).