Peningkatan Hasil Belajar Lompat Kangkang Senam Lantai Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas XI SMA N 2 Semarang

Authors

  • Kurniawan Bagas Indra Universitas PGRI Semarang
  • Hudha Maftukin Universitas PGRI Semarang
  • Zhannisa Utvi Hinda Universitas PGRI Semarang
  • Waskito Tutur Lukas SMA Negeri 2 Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar lompat kangkang materi senam lantai pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang melalui penggunaan media pembelajaran audio visual pada peserta didik kelas XI XI SMA Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini adalah hasil belajar senam lantai lompat kangkang sebagai data psikomotor, afektif dan kognitif. Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang dilaksanakan pada dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah digunakan pada bab sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai lompat kangkang pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang. Secara persentase ketuntasan hasil belajar senam lantai lompat kangkang pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang setelah mengaplikasikan pembelajaran dengan variasi permainan untuk kategori tuntas sebesar 81% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 94% untuk materi belajar lompat kangkang senam lantai. 

References

Arsyad, & Wahyu Bagja. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2477–8427), 41–46.

Gumilar, A., Mulyanto, R., & Dinangsit, D. (2019). Pengaruh Metode Bagian Terhadap Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lompat Kangkang. Educative Sportive - EduSport, 2(3), 181–190.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. ALFABETA CV.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. In Magelang: Graha Cendekia. Graha Cendekia.

Hidayat, N., & Muhammad, H. N. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Lompat Kangkang Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( Tgt ) ( Studi pada Siswa Kelas X-BB di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(02), 350–353.

Ismi Safitri, D., Pramono, H., & Saptoyo, S. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Kangkang Senam Lantai Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 483–489.

Jiwa, I. K. (2019). Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17611

Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114.

Putu, D., Nilakusmawati, E., Si, S., Si, M., Sumarjaya, I. W., Si, S., Stats, M., & Matematika, J. (2014). PANDUAN PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL Untuk Siswa Tuna Rungu.

Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 2(Prosiding Seminar IPTEK Olahraga (SENALOG)), 1–16.

Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sulaeman, A. A. (2016). Modul Guru Pembelajar kurikulum. In Journal Education.

Sumarni, T. (2017). Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 18 Kota Pekanbaru. Jurnal Pigur, 01(2), 40–48. https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5472/0

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Widyantoro. (2020). Modul Pembelajaran SMA PJOK. Direktorat SMA Kemendikbud

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Bagas Indra, K., Maftukin, H., Utvi Hinda, Z., & Tutur Lukas, W. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Kangkang Senam Lantai Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas XI SMA N 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020223. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7386

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi