Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Lompat Jauh Menggunakan Media Kardus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas X 6 SMA Negeri 11 Semarang melalui media kardus. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek yang diteliti dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X 6 SMA Negeri 11 Semarang jumlah peserta didik 34 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 1 bulan melalui dua siklus, pelaksanaan tindakan kelas dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan masing-masing 3 x 45 menit (3 JP). Setiap pertemuan siswa diberikan materi lompat jauh. Materi pembelajaran tersebut sudah dimodifikasi dalam bentuk permainan. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan pembelajaran lompat jauh dengan media kardus memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (73,53 %) dan siklus II (91,18 %). Pembelajaran lompat jauh dengan media kardus mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siwa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dangn metode pembelajaran tersebut sehingga mereka menjadi suka dan termotivasi untuk belajar. Ini ditunjukan dengan 43,14 % pada angket minat menjawab setuju dengan pembelajaran menggunakan media.
References
Astuti, W., Iyakrus, I., & Giartama, G. (2020). Pengaruh Latihan Jump To Box Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Smp Negeri 52 Palembang. Sriwijaya University.
Destriana, D., Elrosa, D., & Syamsuramel, S. (2022). Kebugaran Jasmani Dan Hasil Belajar Siswa. Jambura Health and Sport Journal, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i2.14490
Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/191/170
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Kurniawan, D., Yulianti, D., & Riswandi, Ri. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis SAVI Untuk Meningkatkan Prestasi Lompat Jauh Gaya Jongkok (Gaya Ortodok) Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2372–2382. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1119
Mulyaningsih, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru PJOK dalam Menilai Keterampilan Motorik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 1–10. https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/110
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78–92. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/25633
Novianto, R., Zakso, A., & Salim, I. (2017). Analisis dampak broken home terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 1–8.
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar Edisi Revisi. Wade Group. BuatBuku.com
Riyanto, S., & Andhita, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. CV Budi Utama.
Thahir, A. (2014). Psikologi Belajar Buku Pengantar dalam Memahami Psikologi Belajar. Sinar Baru Algensindo
Widyantoro. (2020). Modul Pembelajaran SMA PJOK. Direktorat SMA Kemendikbud.
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Lompat Jauh Menggunakan Modifikasi Kardus Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40–44.