Variasi Pembelajaran Dengan Modifikasi Permainan Dalam Peningkatan Keterampilan Passing Sepak Bola Siswa Kelas XI SMAN 2 Semarang
Keywords:
Keterampilan, Passing, Sepak bola, Variasi Modifikasi PermainanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang melalui pembelajaran dengan variasi permainan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI. Data yang dikumpulkan berupa keterampilan psikomotor passing sepak bola. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan passing setelah penerapan pembelajaran dengan variasi permainan. Pada siklus I, persentase ketuntasan mencapai 75%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 97%. Sebaliknya, persentase siswa yang belum tuntas menurun dari 25% pada siklus I menjadi 3% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran dengan modifikasi permainan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan passing sepak bola siswa. Strategi ini dapat menjadi alternatif metode pembelajaran pendidikan jasmani yang menyenangkan dan sekaligus meningkatkan aspek psikomotor peserta didik.
References
Adhi Putra, Y., & Sistiasih, V. S. (2021). Modifikasi Pembelajaran Permainan Sepak bola. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705
Aditya, R., & Helmi, B. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Dengan Menggunakan Punggung Kaki Melalui Pendekatan Variasi Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 1(2), 659–665. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/614
Bahtra, R. (2022). Buku Ajar Permainan Sepakbola (Issue 156). Sukabina Publisher.
Banjarani, W. A., & Ridwan, M. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Motivasi Belajar Passing Sepak Bola. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 123–130. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.903
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Hartanto, Y., Insanistyo, B., & Arwin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas X Teknik Informatika Smk Negeri 8 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 68–74. https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3466
Prakoso, D. A., & Sembiring, I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola Melalui Teams Games Tournament (TGT). JUMPER : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(2), 107–116. https://doi.org/10.55081/jumper.v2i2.556
Primasoni, N. (2017). Pedoman melatih sepakbola anak usia dini berkarakter. UNY Press. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198405212008121001/penelitian/buku sepakbola karakter.pdf
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. 95.
Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Syarifudin, S. W. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/MA (Vol. 1). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.