Variasi Pembelajaran Dengan Modifikasi Permainan Dalam Peningkatan Keterampilan Passing Sepak Bola Siswa Kelas XI SMAN 2 Semarang

Authors

  • Fendy Eko Prastiyo Universitas PGRI Semarang
  • Aryan Eka Saputra Universitas PGRI Semarang
  • Utvi Hinda Zhannisa Universitas PGRI Semarang
  • Tutur Lukas Waskitho SMA N 2 Semarang

Keywords:

Keterampilan, Passing, Sepak bola, Variasi Modifikasi Permainan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang melalui pembelajaran dengan variasi permainan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI. Data yang dikumpulkan berupa keterampilan psikomotor passing sepak bola. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan passing setelah penerapan pembelajaran dengan variasi permainan. Pada siklus I, persentase ketuntasan mencapai 75%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 97%. Sebaliknya, persentase siswa yang belum tuntas menurun dari 25% pada siklus I menjadi 3% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran dengan modifikasi permainan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan passing sepak bola siswa. Strategi ini dapat menjadi alternatif metode pembelajaran pendidikan jasmani yang menyenangkan dan sekaligus meningkatkan aspek psikomotor peserta didik.

References

Adhi Putra, Y., & Sistiasih, V. S. (2021). Modifikasi Pembelajaran Permainan Sepak bola. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705

Aditya, R., & Helmi, B. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Dengan Menggunakan Punggung Kaki Melalui Pendekatan Variasi Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 1(2), 659–665. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/614

Bahtra, R. (2022). Buku Ajar Permainan Sepakbola (Issue 156). Sukabina Publisher.

Banjarani, W. A., & Ridwan, M. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Motivasi Belajar Passing Sepak Bola. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 123–130. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.903

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Hartanto, Y., Insanistyo, B., & Arwin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas X Teknik Informatika Smk Negeri 8 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 68–74. https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3466

Prakoso, D. A., & Sembiring, I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola Melalui Teams Games Tournament (TGT). JUMPER : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(2), 107–116. https://doi.org/10.55081/jumper.v2i2.556

Primasoni, N. (2017). Pedoman melatih sepakbola anak usia dini berkarakter. UNY Press. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198405212008121001/penelitian/buku sepakbola karakter.pdf

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. 95.

Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syarifudin, S. W. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/MA (Vol. 1). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Eko Prastiyo, F., Aryan Eka Saputra, Utvi Hinda Zhannisa, & Tutur Lukas Waskitho. (2025). Variasi Pembelajaran Dengan Modifikasi Permainan Dalam Peningkatan Keterampilan Passing Sepak Bola Siswa Kelas XI SMAN 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020244. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7392

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)