Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Gelas Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Materi Aljabar Siswa Kelas Ii A Sd Negeri Pedurungan Kidul 01 Semarang
Keywords:
Matematika, Aljabar, Problem Based Learning, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi belum optimalnya hasil belajar tersebut dikarenakan beberapa kekurangan dalam pembelajaran, diantaranya guru belum optimal dalam menerapkan variasi model pembelajaran, guru kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, guru belum menerapkan model PBL dalam pembelajaran matematika. pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada siswa kelas II A SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Semarang dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.ditemukan hasil belajar matematika unit aljabar siswa masih rendah yaitu dari jumlah nilai KKM yang ditentukan sebesar 70 hanya 10 siswa yang tuntas dan 17 siswa tidak tuntas. Dari hasil pembelajaran Pengurangan dan Penjmlahan Pada Materi Aljabar yang dilaksanakan pada akhir siklus , mengalami peningkatan dari siklaus I ke Siklus II. Hasil belajar pengurangan dan penjumlahan pada materi aljabar menunjukkan peningkatan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Peningkatan belajar pengurangan dan penjumlahan pada materi aljabar. Hasil tes siklus I menunjukkan rata-rata nilai dicapai sebesar 33 atau 85% masih termasuk kategori Baik. Pada siklus II rata-rata nilai menjadi 40 atau 95% Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7 atau 10 % Terlihat adanya perubahan hasil belajar siswa yaitu siswa dapat memahami pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pada materi aljabar dengan baik dan benar. Berdasarkan uraian diatas dapat diketahui bahwa metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada materi aljabar.
References
Adji, Nahrowi & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. UPI PRESS: Bandung.
Amir, Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Prenada Media Group: Jakarta.
Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21-28.
Ana Rofatul Lutfiyah, Veryliana Purnamasari, & Iin Purnamasari. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF SATUAN BERAT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TANGGA TURUNAN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 404 - 414. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1415
Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka: Jakarta.
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. CV. Yrama Widya: Bandung. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, TK. CV Yrama Widya: Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan kelas. Bumi Aksara: Jakarta.
Arini, Putri Asih Diah, 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Peningkatan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas V SD 7 Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Universitas Maria Kusus. Kudus
Arjanggi, F. D., Sudargo, S., & Kartinah, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(4), 291-295.
Basuki, Ismet & Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Fauzi, Rohmad. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Metro Barat.Universitas Lampung. Bandar Lampung
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Hanafiah & Cucu S. 2009. Konsep Strategi Pengajaran. PT. Refika Adiatma: Bandung.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.
Karso. dkk, 2009. Pendidikan Matematika 1. Universitas Terbuka: Jakarta.
Khasanah, I., Supandi, S., & Kartinah, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Melalui Pendekatan Saintifik dan Open-Ended Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 115-121.
Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi program kampus mengajar sebagai ruang kontribusi mahasiswa terhadap pendidikan dasar di Indonesia. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17(2), 120-128.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers: Jakarta.
Sani, Ridwan Abdulah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk ImplementasiKurikulum 2013. Bumi Aksara: Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar PosesPendidikan. Kencana: Jakarta.
Saodi, Ondi & Suherman Aris. 2012. Etika Profesi Keguruan. Refika Adiatma: Jakarta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Sumantri, Muhamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Prenadamedia Group: Jakarta.
Suwangsih, Erna & Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. UPI PRESS: Bandung.
Taufiq, Agus. dkk. 2012. Modul Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA. Mimbar Ilmu, 24(3), 299-309.
suryatanjung.web.unej.ac.id/?p=1. Diakses pada: 11 April 2016 Tim Penyusun. 2003. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika: Jakarta.
Trianto. 2009. Mendisain Model-Model Pengajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Group: Jakarta.
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 120-132.
Wardhani, I.G.A.K dkk.. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.
Yuliarti, Y. (2021). Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Kelas Awal 1-3 Di SDI Bina Shaliha Depok Jawa Barat (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).