PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN SISWA SMP NEGERI 30 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil keterampilan siswa dalam passing atas bola voli melalui penerapan model variasi pembelajaran menggunakan metode penelitian yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Metodologi penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VIII SMP N 30 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK, yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis pembelajaran melalui variasi pembelajaran. (1) Dari tes hasil belajar melalui variasi Pembelajaran di siklus I diperoleh 15 siswa yang tuntas (47%) sedangkan 17 siswa (53%) belum tuntas. Belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melalui variasi pembelajaran (2) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 28 siswa yang tuntas (87%) sedangkan 4 siswa (13%) belum tuntas. Maka sudah tercapai lah nilai klasikal 85% tersebut. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan (40%) dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing atas Bola Voli Siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang.
References
Adolph, R. (2016). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS V MI AL-FALAH DAKIRING BANGKALAN. 9, 1–23.
Amin, H., & Adnan, A. (2020). Studi Tentang Beberapa Komponen Kondisi Fisik Atlet Bolavoli SMK Negeri 1 Kota Solok. Jurnal Patriot, 2(1), 265–276.
Nugroho, A., & Lubis, A. E. (2021). Model Estafet Games untuk Siswa Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 143. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.34643
Syah, D. F., Suryaningsih, L., & Ridwan, M. (2024). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR GERAK DASAR SHOOTING SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN TARL. JURNAL KEOLAHRAGAAN JUARA, 2, 164–170.
Yatmi, H. A., Wahyudi, W., & Ayub, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 287–295. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1327