312. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Model PbBL Materi IPAS Kelas IV SDN Gajahmungkur 04

Authors

  • Dwi Agustin Wulandari
  • Fine Reffiane
  • Paryuni

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, IPAS, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV di SDN Gajahmungkur 04. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilaksakan selama 2 siklus pembelajaran. Subjek penelitian meliputi guru dan peserta didik kelas IV SDN Gajahmungkur 04 semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menyakatakan bahwa kegiatan pembealajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terjadi peningkatan hasil belajar pada peserta didik terutama pada mata muatan IPAS. Peserta didik sangat antusias saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 69 dengan presentase ketntasan sebanyak 61% peserta didik, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata nilai 77 dengan presentase ketuntasan sebanyak 75% peserta didik. Berdasaran pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II hasil belajar peserta didik menunjukkan progress yang meningkat.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wulandari, D. A. ., Reffiane, F. ., & Paryuni. (2023). 312. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Model PbBL Materi IPAS Kelas IV SDN Gajahmungkur 04. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2789–2796. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4130

Issue

Section

Prosiding 2023