242. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Kelas 1 SDN Gajahmungkur 04

Authors

  • Yenni Oktaviani Universitas PGRI Semarang
  • Fine Refinne Universitas PGRI Semarang
  • Paryuni SDN Gajahmungkur 04

Keywords:

problem based learning, hasil belajar

Abstract

Dalam pembelajaran saat ini, guru masih menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan media sebagai penunjang pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik ranah kognitif menggunakan model pembelajaran problem based learning pada kelas I. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan subjek penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas I dengan jumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar ranah kognitif. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitaf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 69 yang masih dalam kriteri perlu bimbingan, kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 80 kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitf pada peserta didik kelas I.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Oktaviani, Y., Refinne, F., & Paryuni. (2023). 242. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Kelas 1 SDN Gajahmungkur 04. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2155–2160. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4308

Issue

Section

Prosiding 2023