Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Pembelajaran Wordwall Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II
Keywords:
Hasil Belajar, Media Wordwall, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi memaknai dan pentingnya kebhinnekaan pada siswa kelas II SDN Gajahmungkur 04 dengan menggunakan media pembelajaran wordwall. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II di SDN Gajahmungkur 04 yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan teknik presentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 68,12 menjadi 83,12 pada siklus II. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Ketuntasan pada siklus I diperoleh 37,5% dan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,5%. Dengan demikian, media pembelajaran wordwall terbukti dapat meningkatkan hasil belajar materi memaknai dan pentingnya kebhinnekaan pada siswa kelas II di SDN Gajahmungkur 04.
References
Hamdan Husain Batubara. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publushing
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4(2), 195– 199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Surahmawan, A. N. I., Arumawati, D. Y., Palupi, L. R., Widyaningrum, R., & Cahyani, V. P. (2021). Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), Art. 1.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Solusi Alternatif Problemtika Pembelajaran. Edunomika Vol. 02, No. 01.
Susilo Sudarsono, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Ganjil Genap Kelas II SD”, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 09, No. 08 Tahun 2021, h. 3.
Utanto, Yuli. Budiyono, & Edi Subkhan. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS