Penerapan Model Pembelajaran Pbl Melalui Metode Permainan Dalam Menumbuhkan Keterampilan Literasi Kelas 2
Keywords:
literasi, permainan, PBLAbstract
Membaca menjadi aspek utama dalam segala bidang pembelajaran, karena semua pengetahuan yang disajikan diawali dari sebuah bacaan. Utamanya di era digital ini membuat gensukar untuk melakukan aktivitas membaca hingga disebut zaman krisis membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan keterampilan literasi membaca, menulis, menyimak, dan berbicara pada peserta didik kelas 2 SD yang didasari oleh kurangnya minat baca tulis ditengah maraknya hiburan digital yang dapat mempengaruhi perhatian peserta didik. Peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis masalah melalui metode permainan untuk mengajarkan peserta didik berbagai macam kosa kata dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan desain yang menarik minat, motivasi dan semangat belajar. Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas untuk melakukan analisis dan olah data yang dilakukan sebelum dan setelah diberikan treatmen. Dan hasilnya adalah tumbuhnya keterampilan literasi pada peserta didik.
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta. → Buku
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Universitas Terbuka
Dewi Syarifah, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Game Edukasi Bermuatan Literasi Dan Penguatan Pendidikan Karakter Materi Spldv Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Riset.Unisma.Ac.Id, 14(9)
N. A. Oktavia 2020 Model Pembelajaran Complete Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. J. Didakti Dwija Indria 8(4)
Rahmat, A. S. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi Leaf Identification View project Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Games Book terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial Siswa SD View project. Article in The Elementary School Journal. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.74 94
N. Artu. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review 2(2) 105–113.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. → Buku
Nugraheti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa SD. Jurnal Primary. 2018. 68–75. → Jurnal online
PISA. 2006. Science Competencies for Tomorrow’s World Executive Summary © OECD 2007
Priyayi, D. F., dkk. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Pabelan Melalui Penerapan Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017 Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017. 179–186. → Jurnal online
S Aryani U Samadhy & N Sismulyasih. 2012. Peningkatan Keterampilan dan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) Pada Siswa Kelas IV SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1)
W. Krismanto & A. Khalik. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3)
W. Oktafiani. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Disleksia. UNES Journal Of Education Scienties2(1) 17–22
Widianto Eko. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (1).
Zuhdi R F R and K. 2018 Improvemnet of reading comprehension skills of children’s story through applying of Think Pair. Share learning model 1st National Seminar on Elementary Education SNPD 2018 1 664–9