261. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Wergu Wetan Melalui Model Project Based Learning

Authors

  • Nurlaily Fibrianti Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Rinawati SD 1 Wergu Wetan

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah di SD 1 Wergu Wetan pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal-soal tes dan rubrik penilaian kemudian dianalisis dengan data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data. Peningkatan persentase hasil belajar kognitif peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I meningkat dari 9 menjadi 15 peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 78,37. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM mencapai 17 orang dengan rata-rata 83,68. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Wergu Wetan pada materi penyajian data. Guru sebaiknya menggunakan model Project Based Learning untuk menyelenggarakan pembelajaran yang aktif.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fibrianti, N., Sukamto, & Rinawati, D. (2023). 261. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Wergu Wetan Melalui Model Project Based Learning . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2310–2319. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4375

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)