PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO YOUTUBE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI 3 SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
pembelajaran, menulis, Discovery Learning, teks karya ilmiah, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks karya ilmiah pada peserta didik kelas XI 3 SMA Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 melalui penerapan model Discovery Learning yang berbantuan media video YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berbantuan media video YouTube mampu meningkatkan kemampuan menulis teks karya ilmiah peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor rata-rata hasil tes menulis teks karya ilmiah dari siklus I ke siklus II. Selain itu, penerapan model ini juga meningkatkan keaktifan dan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berbantuan media video YouTube efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks karya ilmiah pada peserta didik kelas XI 3 SMA Negeri 8 Semarang. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model Discovery Learning berbantuan media video YouTube sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis teks karya ilmiah pada peserta didik.
References
DAFTAR PUSTAKA
Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Helaluddin dan Awalludina. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional Indonesia.
Keraf, G. (2001). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ma’usarah, Siti. (2020). Penggunaan Media Youtube pada Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nadiroh, Nasikhotun. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Kreatif Berbasis Permainan Pada Anak-Anak Di Rumah Kreatif Wadas Kelir Karangklesem Purwokerto Selatan. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Rusman. (2012). Model-model P embelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santoso, S. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Ilmu Pengetahuan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suparno, & Yunus, Y. (2004). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Supriyanto, A. (2019). Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran di Era DigitaL. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yuliana, Nabila. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal JIPP.