59. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas II SDN Glonggong
Keywords:
problem based learning, hasil belajar, buku cerita bergambarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena peserta didik yang terlihat tidak aktif dan tidak fokus ketika pembelajaran Bahasa Indonesia yang berdampak rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas II. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media buku cerita bergambar. Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan di SDN Glonggong kelas II Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati dengan jumlah 18 peserta didik yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan serta di setiap siklusnya menerapkan empat Langkah yaitu perencanaan atau (planning), pelaksanaan Tindakan (action), observasi (observasion), dan refleksi (thinking). Variable terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik dan variable bebasnya yaitu model Problem Based Learning berbantu media buku cerita bergambar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model Problem Based Learning berbantu media buku cerita bergambar, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 59 dengan persentase ketuntasan mencapai 44%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 76 dengan persentase ketuntasan 78%. Dari hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media buku cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II SDN Glonggong Pati.