8. Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Pati Lor 5
Keywords:
Mind Mapping, HasilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning terhadap peningkatan kualitas pembelajaran siswa. Penelitian ini dikhususkan pada muatan Pendidikan Pancasila topik Negaraku Indonesia dan Pola Hidup Gotong Royong.Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dengan menyajikan pertanyaan atau keadaan berbasis masalah, untuk mengasah kemampuan berpikir siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas IV SDN Pati Lor 5.Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas IV SDN Pati Lor 5 dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini telah berlangsung dalam tiga siklus.Variabel bebas dalam penelitian ini ialah model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikatnya ialah meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Siklus I hasil belajar memperoleh nilai rata-rata 62.5 termasuk kriteria perlu bimbingan. Siklus II hasil belajar memperoleh nilai rata-rata 69 termasuk kriteria perlu bimbingan. Siklus III hasil belajar memperoleh nilai rata-rata 83 termasuk kriteria baik.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas IV SDN Pati Lor 5, disimpulkan bahwa meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan Pendidikan Pancasila topik Negaraku Indonesia dan Pola Hidup Gotong Royong kelas IV SDN Pati Lor 5. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning guru lebih inovatif sehingga siswa lebih bersemangat dan aktif dalam pembelajaran.