Penggunaan Media Audio Visual Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Sekolah Dasarpenggunaan Media Audio Visual Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Syahadatul Fitriyah Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Yustina Gunarti SDN Pedurungan Lor 02

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang rendahnya kemampuan menyimak isi bacaan mata
pelajaran Bahasa Indonesia oleh peserta didik, serta kurangnya variasi media pembelajaran yang
digunakan dalam pembelajaran tersebut. Penggunaan media yang menarik seperti media film yang
memadukan audio, visual, dan gerak secara bersamaan dapat menarik perhatian peserta didik dalam
pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peranan penggunaan media audio visual film dokumenter dalam meningkatkan kemampuan
menyimak isi bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan tiga tahapan
pelaksanaan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan observasi-refleksi. Subjek penelitian yaitu 22
peserta didik kelas IV SDN Pedurungan Lor 02. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes
tertulis dan studi dokumen. Hasil penelitian ini yaitu pada tahap pra siklus didapatkan hasil sebanyak
36,36% peserta didik lulus Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Siklus I menunjukkan
sebanyak 45,45% atau meningkat sebanyak 9,09% dari prasiklus, namun hasil ini belum mencapai
indikator kinerja peserta didik yaitu lulus sebanyak 70%. Penelitian kemudian dilanjutkan pada siklus
II yang menunjukkan bahwa peserta didik lulus sebanyak 81,81% meningkat sebesar 36,36% dari
siklus I. Berdasarkan hasil pada siklus II maka penelitian dinyatakan berhasil, karena jumlah peserta
didik yang lulus KKTP telah melebihi indikator kinerja yang ditentukan. Kesimpulan yang dapat
diambil yaitu media audio visual film dokumenter dapat meningkatkan kemampuan menyimak isi
bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV SDN Pedurungan Lor 02
Semarang pada tahun ajaran 2023/2024.

References

Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi

Penggunaan Media Pembelajaran

Berbasis Teknologi. Inspiratif

Pendidikan, 12(1), 69–77.

https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37

Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W.,

Fakultas, T., Dan, K., Pendidikan, I.,

… Namlea, M. (2020).

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM

BASED LEARNING (PBL) PADA

PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA

SEKOLAH DASAR (The Use of

Problem Based-Learning (PBL)

Learning Model in Thematic

Teaching for the Elementary School’s

Students). Uniqbu Journal of Social

Sciences (UJSS), 1(2), 22–34.

Andayani, U. (2019). Peningkatan Hasil

Belajar Siswa Materi Penaksiran Dan

Pembulatan Melalui Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams

Games Tournament (TGT) Siswa

Kelas IV-1 MI Islamiyah Kramat Jegu

Sidoarjo (Vol. 8). UIN Sunan Ampel

Surabaya.

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh

Model RADEC pada Pembelajaran

Tematik Terhadap Hasil Belajar

Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(3), 1435–1443. Retrieved

from

https://jbasic.org/index.php/basiced

u/article/view/960

Asip. (2022). Pembelajaran Bahasa dan

sastra Indonesia di SD.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana,

D. (2020). Peranan Penting Evaluasi

Pembelajaran Bahasa di Sekolah

Dasar. Jurnal BELAINDIKA

(Pembelajaran Dan Inovasi

Pendidikan), 2(1), 1–9. Retrieved

from

https://belaindika.nusaputra.ac.id/ar

ticle/view/22

Cahyani, R. P., Irianto, A., & Yustisia, V.

(2020). Pembentukan Karakter

Mandiri Melalui Pembelajaran

Tematik di SDN Kebondalem

Mojosari. Didaktis: Jurnal

Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan,

(3), 236–244. Retrieved from

http://103.114.35.30/index.php/dida

ktis/article/view/4789

Fitria, & Marlina, L. (2020). Kecerdasan

Majemuk (Multiple Intelligences)

Anak Usia Dini Menurut Howard

Gardner dalam Perspektif Pendidikan

Islam. Al Fitrah Journal Of Early

Childhood Islamic Education, 2(3),

–131.

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2023).

Perkembangan Fisik Motorik Anak

Usia Sekolah Dasar Dalam Proses

Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd

Muhammadiyah Karangbendo

Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155–

https://doi.org/10.20414/elmidad.v1

i2.1900

Jannah, R. (2023). Pengembangan

Permainan Tic Tac Toe Untuk

Meningkatkan Kemampuan Literasi

Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Lembang

Cina Kabupaten Bantaeng. Jurnal

Pembelajaran Bahasa Dan Sastra

Indonesia, 4(1), 4.

Kartowagiran, B. (2021). Pengembangan

Asesmen Nasional Berbasis

Kelokalan. Prosiding Seminar

Nasional Sensaseda, 1(1), 7–26.

Kurniawati, P. (2023). PENGEMBANGAN

MEDIA PEMBELAJARAN

BERBASIS ICT “HYPERMEDIA”

UNTUK MENINGKATKAN

KEMAMPUAN LITERASI SAINS

FISIKA SISWA DI SMA NEGERI 1

LASOLO KABUPATEN KONAWE

UTARA. Universitas Nusantara

PGRI Kediri, 01, 1–7.

Maghfiroh, L. (2019). Hakikat Pendidik

Dan Peserta Didik Dalam Sejarah

Islam Dan Al-Quran. Jurnal

Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1–23.

https://doi.org/10.31219/osf.io/wpfu

s

Mariskhana, K. (2019). Prestasi Belajar

Sebagai Dampak Dari Minat Baca

Dan Bimbingan Belajar Siswa IPS.

Cakrawala-Jurnal Humaniora,

(1), 71–78.

Oktasari, E., & Suryadi, E. (2023).

Penggunaan Media Audio Visual

Terhadap Kemampuan Menyimak

Teks Hasil Observasi. DIDACTIQUE

Bahasa Indonesia, 4(1), 1–10.

Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian

Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.

Puspita, M. D., Prayito, M., & Sugiyanti, S.

(2020). Analisis Kemampuan

Penalaran Siswa SMA dalam

Memecahkan Masalah Matematika

Ditinjau dari Gaya Belajar Visual.

Imajiner: Jurnal Matematika Dan

Pendidikan Matematika, 2(2), 141–

https://doi.org/10.26877/imajiner.v2

i2.5776

Puspita Sari, A. (2022). Implementasi

Media Pembelajaran Audio-Visual

Pada Mata Pelajaran Matematika

Kelas Iv Materi Pembulatan Di Sdn

Malangnengah Ii. SIBATIK

JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang

Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi,

Dan Pendidikan, 1(3), 75–82.

https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i3

.14

Sahliah, & Junaedi, D. (2021). Hakikat

Peserta Didik dalam Perspektif Islam.

Jurnal Pendidikan Islam Dan

Budaya, 1(2), 1–6.

Sariani, Prihantini, Winarti, Indrawati,

Jumadi, Suradi, & Satria. (2021).

Belajar dan Pembelajaran. Edu

Pubilsher.

Shelli, Firmansyah, A., Putri, A. E., Haris,

R., & Firmasnyah. (2023).

Penggunaan Film Dokumenter

Sejarah Belangkaet Sebagai Media

Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS

SMAN 1 Simpang Hilir. Jurnal

Ilmiah Wahana Pendidikan, 4(1), 1–

Retrieved from

https://jurnal.peneliti.net/index.php

/JIWP/article/view/3792/3337

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode

Penelitian Tindakan Kelas di Bidang

Pendidikan. In Journal of Chemical

Information and Modeling.

Sofiyah, S., Hadi, W. P., Qomaria, N.,

Fikriyah, A., & Rakhmawan, A.

(2023). Pengembangan Film

Dokumenter Berbasis Audio Visual

Sebagai Media Pembelajaran Pada

Materi Pencemaran Lingkungan.

Natural Science Education Research,

(1), 8–15.

https://doi.org/10.21107/nser.v6i1.18

Subair. (2022). Literasi Film Dokumenter

Untuk Hasil Belajar Pendidikan

Agama Islam. Jurnal Lasinrang,

(01), 41–64.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian:

Kualitatif, Kuantitatif, R&D.

Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Fitriyah, S., Huda, C., & Gunarti, Y. (2025). Penggunaan Media Audio Visual Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Sekolah Dasarpenggunaan Media Audio Visual Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 302–310. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6289

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar