150. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran IPAS Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SDN 1 Bugo

Authors

  • Hanim Aulia Maghfiroti
  • Choirul Huda
  • Rifa’i

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar pembelajaran ipas melalui model pembelajaran problem based learning di SDN 1 Bugo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Analisi data berpedoman dari model pembelajaran yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam Arikunto, (2014) yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang telah dilakukan pada prasiklus dan siklus 1, siklus 2, siklus 3 terlihat peningkatan hasil belajar peserta didik yang cukup signifikan. Ketuntasan hasil belajar pada prasiklus 54% dan pada siklus 1 77%, siklus 2 85%, siklus 3 88%. Sedangkan ketidaktuntasan hasil belajar pada prasiklus 46% dan pada siklus 1 23%, siklus 2 155, siklus 3 12%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara dengan wali kelas IV yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan peserta didik dalam berpikir keritis, keaktifan, dan lebih kominikatif.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Maghfiroti, H. A. ., Huda, C. ., & Rifa’i. (2023). 150. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran IPAS Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SDN 1 Bugo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1379–1386. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4403

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)