150. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran IPAS Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SDN 1 Bugo
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar pembelajaran ipas melalui model pembelajaran problem based learning di SDN 1 Bugo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Analisi data berpedoman dari model pembelajaran yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam Arikunto, (2014) yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang telah dilakukan pada prasiklus dan siklus 1, siklus 2, siklus 3 terlihat peningkatan hasil belajar peserta didik yang cukup signifikan. Ketuntasan hasil belajar pada prasiklus 54% dan pada siklus 1 77%, siklus 2 85%, siklus 3 88%. Sedangkan ketidaktuntasan hasil belajar pada prasiklus 46% dan pada siklus 1 23%, siklus 2 155, siklus 3 12%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara dengan wali kelas IV yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan peserta didik dalam berpikir keritis, keaktifan, dan lebih kominikatif.