Penggunaan Media Audio Visual Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Sekolah Dasarpenggunaan Media Audio Visual Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang rendahnya kemampuan menyimak isi bacaan mata
pelajaran Bahasa Indonesia oleh peserta didik, serta kurangnya variasi media pembelajaran yang
digunakan dalam pembelajaran tersebut. Penggunaan media yang menarik seperti media film yang
memadukan audio, visual, dan gerak secara bersamaan dapat menarik perhatian peserta didik dalam
pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peranan penggunaan media audio visual film dokumenter dalam meningkatkan kemampuan
menyimak isi bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan tiga tahapan
pelaksanaan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan observasi-refleksi. Subjek penelitian yaitu 22
peserta didik kelas IV SDN Pedurungan Lor 02. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes
tertulis dan studi dokumen. Hasil penelitian ini yaitu pada tahap pra siklus didapatkan hasil sebanyak
36,36% peserta didik lulus Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Siklus I menunjukkan
sebanyak 45,45% atau meningkat sebanyak 9,09% dari prasiklus, namun hasil ini belum mencapai
indikator kinerja peserta didik yaitu lulus sebanyak 70%. Penelitian kemudian dilanjutkan pada siklus
II yang menunjukkan bahwa peserta didik lulus sebanyak 81,81% meningkat sebesar 36,36% dari
siklus I. Berdasarkan hasil pada siklus II maka penelitian dinyatakan berhasil, karena jumlah peserta
didik yang lulus KKTP telah melebihi indikator kinerja yang ditentukan. Kesimpulan yang dapat
diambil yaitu media audio visual film dokumenter dapat meningkatkan kemampuan menyimak isi
bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV SDN Pedurungan Lor 02
Semarang pada tahun ajaran 2023/2024.
References
Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi
Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Teknologi. Inspiratif
Pendidikan, 12(1), 69–77.
https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37
Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W.,
Fakultas, T., Dan, K., Pendidikan, I.,
… Namlea, M. (2020).
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM
BASED LEARNING (PBL) PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA
SEKOLAH DASAR (The Use of
Problem Based-Learning (PBL)
Learning Model in Thematic
Teaching for the Elementary School’s
Students). Uniqbu Journal of Social
Sciences (UJSS), 1(2), 22–34.
Andayani, U. (2019). Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Materi Penaksiran Dan
Pembulatan Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament (TGT) Siswa
Kelas IV-1 MI Islamiyah Kramat Jegu
Sidoarjo (Vol. 8). UIN Sunan Ampel
Surabaya.
Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh
Model RADEC pada Pembelajaran
Tematik Terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(3), 1435–1443. Retrieved
from
https://jbasic.org/index.php/basiced
u/article/view/960
Asip. (2022). Pembelajaran Bahasa dan
sastra Indonesia di SD.
Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana,
D. (2020). Peranan Penting Evaluasi
Pembelajaran Bahasa di Sekolah
Dasar. Jurnal BELAINDIKA
(Pembelajaran Dan Inovasi
Pendidikan), 2(1), 1–9. Retrieved
from
https://belaindika.nusaputra.ac.id/ar
ticle/view/22
Cahyani, R. P., Irianto, A., & Yustisia, V.
(2020). Pembentukan Karakter
Mandiri Melalui Pembelajaran
Tematik di SDN Kebondalem
Mojosari. Didaktis: Jurnal
Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan,
(3), 236–244. Retrieved from
http://103.114.35.30/index.php/dida
ktis/article/view/4789
Fitria, & Marlina, L. (2020). Kecerdasan
Majemuk (Multiple Intelligences)
Anak Usia Dini Menurut Howard
Gardner dalam Perspektif Pendidikan
Islam. Al Fitrah Journal Of Early
Childhood Islamic Education, 2(3),
–131.
Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2023).
Perkembangan Fisik Motorik Anak
Usia Sekolah Dasar Dalam Proses
Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd
Muhammadiyah Karangbendo
Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155–
https://doi.org/10.20414/elmidad.v1
i2.1900
Jannah, R. (2023). Pengembangan
Permainan Tic Tac Toe Untuk
Meningkatkan Kemampuan Literasi
Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Lembang
Cina Kabupaten Bantaeng. Jurnal
Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Indonesia, 4(1), 4.
Kartowagiran, B. (2021). Pengembangan
Asesmen Nasional Berbasis
Kelokalan. Prosiding Seminar
Nasional Sensaseda, 1(1), 7–26.
Kurniawati, P. (2023). PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN
BERBASIS ICT “HYPERMEDIA”
UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN LITERASI SAINS
FISIKA SISWA DI SMA NEGERI 1
LASOLO KABUPATEN KONAWE
UTARA. Universitas Nusantara
PGRI Kediri, 01, 1–7.
Maghfiroh, L. (2019). Hakikat Pendidik
Dan Peserta Didik Dalam Sejarah
Islam Dan Al-Quran. Jurnal
Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1–23.
https://doi.org/10.31219/osf.io/wpfu
s
Mariskhana, K. (2019). Prestasi Belajar
Sebagai Dampak Dari Minat Baca
Dan Bimbingan Belajar Siswa IPS.
Cakrawala-Jurnal Humaniora,
(1), 71–78.
Oktasari, E., & Suryadi, E. (2023).
Penggunaan Media Audio Visual
Terhadap Kemampuan Menyimak
Teks Hasil Observasi. DIDACTIQUE
Bahasa Indonesia, 4(1), 1–10.
Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian
Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.
Puspita, M. D., Prayito, M., & Sugiyanti, S.
(2020). Analisis Kemampuan
Penalaran Siswa SMA dalam
Memecahkan Masalah Matematika
Ditinjau dari Gaya Belajar Visual.
Imajiner: Jurnal Matematika Dan
Pendidikan Matematika, 2(2), 141–
https://doi.org/10.26877/imajiner.v2
i2.5776
Puspita Sari, A. (2022). Implementasi
Media Pembelajaran Audio-Visual
Pada Mata Pelajaran Matematika
Kelas Iv Materi Pembulatan Di Sdn
Malangnengah Ii. SIBATIK
JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang
Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi,
Dan Pendidikan, 1(3), 75–82.
https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i3
.14
Sahliah, & Junaedi, D. (2021). Hakikat
Peserta Didik dalam Perspektif Islam.
Jurnal Pendidikan Islam Dan
Budaya, 1(2), 1–6.
Sariani, Prihantini, Winarti, Indrawati,
Jumadi, Suradi, & Satria. (2021).
Belajar dan Pembelajaran. Edu
Pubilsher.
Shelli, Firmansyah, A., Putri, A. E., Haris,
R., & Firmasnyah. (2023).
Penggunaan Film Dokumenter
Sejarah Belangkaet Sebagai Media
Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS
SMAN 1 Simpang Hilir. Jurnal
Ilmiah Wahana Pendidikan, 4(1), 1–
Retrieved from
https://jurnal.peneliti.net/index.php
/JIWP/article/view/3792/3337
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode
Penelitian Tindakan Kelas di Bidang
Pendidikan. In Journal of Chemical
Information and Modeling.
Sofiyah, S., Hadi, W. P., Qomaria, N.,
Fikriyah, A., & Rakhmawan, A.
(2023). Pengembangan Film
Dokumenter Berbasis Audio Visual
Sebagai Media Pembelajaran Pada
Materi Pencemaran Lingkungan.
Natural Science Education Research,
(1), 8–15.
https://doi.org/10.21107/nser.v6i1.18
Subair. (2022). Literasi Film Dokumenter
Untuk Hasil Belajar Pendidikan
Agama Islam. Jurnal Lasinrang,
(01), 41–64.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian:
Kualitatif, Kuantitatif, R&D.
Bandung: Alfabeta