Penerapan Metode Diskusi Dan Permainan Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas I SDN Pedurungan Lor 02
Keywords:
Metode Diskus, Metode Permainan, Media audio Visual, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkathan hasil belajar kognitif menggunakan Metode diskusi dan metode permainan berbantuan media audio visual tentang Gotong royong peserta didik kelas I SDN Pedurungan Lor02 Semarang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu mengguanakan observasi, tes, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas I SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Penelitian dilakukan dalam II siklus, serta proses penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan pada tahap pra siklus hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 34%, selanjutnya meningkat pada tahap siklus I dengan ketuntasan 66% Dan berlanjut meningkat pada tahap siklus II dengan ketuntasan 83%. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah penerapan penggunaan metode pembelajaran diskusi dan permainan tentang Gotong royong dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas I SDN Pedurungan Lor 02 Semarang.
References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 3rd ed. Jakarta: Rineka Cipta
Citrawati Lestari, N., Hidayah, Y., Zannah, F., PGRI Banjarmasin, S., Sultan Adam NoRT, J., Jingah, S., Banjarmasin Utara, K., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Journal on Education, 05(03), 7095–7103.
Fatimah, N., Mujianto , G., & Yudiantoro, K. (2023). Peningkatakan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IB SDN 02 Girimoyo Malang Melalui Problem Based Learning. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 76–86. https://doi.org/10.24269/jpk.v8.n2.2023.pp76-86
Kristiani Bate’e, A., Derana Laoli, J., Dohona, S., & Lase, W. (2023). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Nurwafiqah Maghfirah, S., & Akib, T. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS I MELALUI ICE BREAKING DI SDN 36 BIRING ERE. Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS), 1(2), 1–6. https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta
Nuryati, & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 3(2), 153–162.
Setiawan, Angga, Wahyu Nugroho, and Dessy Widyaningtyas. 2022. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping.” TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar 2(2):92–109.
Sudarsih, N. L. G. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(3), 125–132. https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.53544
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01–06. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal