Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kelas 5 SD

Authors

  • Valda Aprilia Nurwijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Trinil Wigati SDN Panggung Lor
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar Matermatika, Metode Mind Map, Kelas V SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika tentang Bangun Ruang melalui metode mind map pada siswa kelas V SD Negeri Panggung Lor. Hipotesisnya adalah penerapan metode mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang melibatkan siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas V, dengan objek penelitian adalah penerapan metode mind map. Data dikumpulkan melalui observasi, tes akhir siklus, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus statistik, sedangkan analisis data kualitatif menggunakan deskripsi data dari observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika siswa dengan metode mind map. Rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 49,01%, dan aspek-aspek yang terpenuhi dalam observasi meningkat dari 46,7% menjadi 86,7%. Temuan ini menunjukkan efektivitas metode mind map dalam meningkatkan hasil belajar matematika, sehingga disarankan agar guru menerapkan metode ini dalam pembelajaran.

References

Arinimath. (2008). Definisi Matematika. http://arinimath.Blogspot.com/2008/02/ definisi-matematika.html. pada tanggal 10 Oktober 2012 jam 14.00.

Asep Jihad. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Jakarta: Multi Pressindo.

Buzan. Tony dan Barry. (2004) .

Mind Map: untuk Meningkatkan Kreativitas.Jakarta Gramedia: Pustaka Utama.

Buzan. Tony. (2004). Memahami Peta Pemikiran : The Mind Map Book. Batam: Interaksa.

Buzan.Tony. (2004). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, cet VI.

Mahmudin. (2009). Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran. http://Mahmudin. wordpress.com. Pada tanggal 26 Maret 2013 jam 14.35.

Miyazaki An Nisha. (2012). Tentang Mind Mapping. http://Miyazaki.blogspot. com. Pada tanggal 26 Maret 2013 jam 14.30.

Muhibbinsyah. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2005). Kurikulum dan Pembelaqjaran. Jakarta: Bumi Aksara. Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015).Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto,dkk.(2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Nurwijayanti, V. A., Wigati, T., & Suyoto. (2025). Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kelas 5 SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 311–315. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6344

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar