Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan WordWall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V
Keywords:
PBL, Hasil belajar, WordWall, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kuis WordWall. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan M.C. Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Panggung Lor Semarang dengan 28 peserta didik, terdiri dari 16 perempuan dan 12 laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta tes pilihan ganda dan esay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus dan siklus I, hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik masih rendah, dengan ketuntasan belajar hanya 14% pada pra-siklus dan 36% pada siklus I, di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP) 70. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan; 79% peserta didik mencapai ketuntasan belajar, sementara 21% masih di bawah KKTP. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan bantuan media WordWall efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Model pembelajaran ini berhasil meningkatkan keterlibatan, interaksi, dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, yang berujung pada peningkatan pemahaman dan kinerja mereka dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata kunci: PBL, Hasil Belajar, WordWall, Bahasa Indonesia
References
Aprima, D., Sari, Sasmita. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendekia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 13(1), Hal. 95-101
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 53.
Artini, N. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Bermediakan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18557 .
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.
Dharwisesa, M. W., Widiana, I. W.,& Tegeh, I. M. (2020). Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 227. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28257
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Norainah, N. (2022). Interaksi Edukatif dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris di MTsN Barito Selatan Kalimantan Tengah. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(1), 562-567.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
Tahir, W. (2017). Pengembangan manajemen sumber daya manusia terhadap peningkatan mutu pendidikan. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 1-14.