Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Kartu Misteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Menulis Kalimat Sederhana Kelas II SD Negeri Bendungan

Authors

  • Ami Dwi Lestari Universits PGRI Semarang
  • Suyoto Universits PGRI Semarang
  • Anysatul Chayati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Kartu Misteri, Hasil Belajar

Abstract

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang inovatif dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar pada materi menulis kalimat sederhana peserta didik kelas II di SD Negeri Bendungan yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar Bahasa Indonesia antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Sebanyak 28 peserta didik kelas II SD Negeri Bendungan menjadi peserta penelitian. Ukuran ketuntasan kelas minimal 60. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 16 peserta didik atau 57% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 22 peserta didik atau 79% yang tuntas belajar, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 26 siswa yang tuntas atau 93%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% dari seluruh peserta didik.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abbas.s. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di SekolahDasar. DepDikNas.

Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hartini,&Patang.(2021).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.7,241–248.

Nur Fatikha Mulya, I., Prima Artharina, F., & Miyarti. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Ppt Interaktif Di Kelas III SDN 3 Bawu Tahun Pelajaran 2022/2023. MALIH PEDDAS, 12(2), 112–124.

Rahmi, A., & Damri, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana melalui Media Buku Halus Kasar Bagi Anak Disgrafia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5305-5312.

Suparno & Yusuf, M. (2018). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka

Taufiq, A. 2014. Pendidikan Anak di SD

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Surabaya

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ami Dwi Lestari, Suyoto, & Anysatul Chayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Kartu Misteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Menulis Kalimat Sederhana Kelas II SD Negeri Bendungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3327–3332. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5668

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)