Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Bendungan

Authors

  • Lilia Refsi Radite Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Lolok Eko Wati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Problem Based Learning adalah model pembelajaran inovatif dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar Matematika siswa di SDN Bendungan Semarang yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar matematika antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian bisa diambil bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning bisa meningkatkan hasil belajar matematika. Sebanyak 27 siswa kelas IV SDN Bendungan Semarang Peganjaran menjadi peserta penelitian. Ukuran ketuntasan kelas minimal 70. Hasil sebelum dilakukan tindakan  pada pra siklus pra siklus hanya 22 orang dan yang tidak tuntas 5 orang dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40, rata-rata 77  serta persentase ketuntasan adalah 81%. Setelah melakukan perbaikan dengan menggunakan model Problem Based Learning terjadi peningkatan pada yaitu pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 24 orang dan yang tidak tuntas berjumlah 3 orang dan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40 dengan rata-rata 77 dan persentase ketuntasan adalah 100% dan setelah pelaksanaan perbaikan siklus II dengan indikator yang berbeda terjadi peningkatan hasil belajar yaitu siswa yang tuntas berjumlah 24 orang dan s siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang, nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 42 serta rata-rata 77. Jumlah persentase ketuntasan pada siklus II yaitu 94%.

References

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia,

E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal

Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Juliandri, J., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 21-27.

Nur Fatikha Mulya, I., Prima Artharina, F., & Miyarti. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 1 Pertumbuhan Dan

Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Ppt Interaktif Di Kelas III SDN 3 Baru Tahun Pelajaran 2022/2023. MALIH PEDDAS, 12(2), 112–124.

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Saptaningrum, E., & Nuvitalia, D. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Materi Alat Optik Melalui Problem Based Learning. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 338–345.

Saputro, L. H., Sunandar, S., & Kusumaningsih, W. (2020). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 409-416.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Radite, L. R. ., Suyoto, & Wati, L. E. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Bendungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3444–3448. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5683

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)