126. Application of Talking Stick Method Assisted by Canva in Improving Students' English Learning Outcomes at VIII C Class of SMP N 6 Semarang in the Academic Year 2022/2023

Authors

  • Rista Kurnia Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Siti Musarokah Universitas PGRI Semarang
  • Atik Riyani SMP Negeri 6 Semarang

Keywords:

hasil belajar, metode Talking Stick, Canva

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena berkaitan dengan upaya peningkatan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah multiteknik atau multiinstrumen yaitu: observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh berupa hasil belajar dan observasi aktivitas diolah dengan analisis deskriptif kuantitatif namun terlebih dahulu diskor dan ditabulasikan, kemudian dihitung frekuensi dan persentasenya untuk menjadi acuan dalam melakukan deskripsi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media gambar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai fisik siswa sebelum tindakan sebesar 66,66. Setelah diadakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 71,29 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,62.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Dewi, R. K., Musarokah, S., & Riyani, A. (2023). 126. Application of Talking Stick Method Assisted by Canva in Improving Students’ English Learning Outcomes at VIII C Class of SMP N 6 Semarang in the Academic Year 2022/2023 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1153–1160. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4063

Issue

Section

Prosiding 2023