125. Improving The Students' Skills of Speaking through A Role-Play Technique based Cooperative Learning
Keywords:
keterampilan berbicara, cooperative learning, role-playAbstract
Rendahnya pengetahuan akan berbicara Bahasa Inggris pada peserta didik di fase D menyebabkan rendahnya ketereampilan berbicara peserta didik pada mata pelajar ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini terjadi adalah dihapusnya mata pelajaran Bahasa Inggris pada jenjang SD. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk melihat bagaimana peningkatan penggunaan model pembelajaran cooperative learning dengan teknik role-play dapat meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara pada subjek penelitian kali ini yakni peserta didik kelas VII D SMPN 6 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan unjuk kerja yang dilengkapi dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 20% dalam keterampilan berbica peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning dengan teknik role-play mampu menngkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris pada peserta didik kelas VII D SMPN 6 Semarang.