117. Improvement of Students' Critical Thinking Using Total Physical Response Method Assisted With Image Media
Keywords:
Berpikir Kritis Siswa, Metode Total Physical Response, Media gambarAbstract
Berpikir kritis penting dalam belajar bahasa Inggris untuk memahami informasi terutama di era abad 21. Maka dari itu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode Total Physical Response berbantuan media gambar pada penerapan teks deskripsi. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas VII Kelas C SMP N 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Peneliti melakukan observasi, menggunakan rekaman video, dan pekerjaan siswa dalam mengumpulkan data. Dalam menganalisis data, kami menggunakan lima indikator berpikir kritis, teori dari Ennis yaitu: Memberikan penjelasan sederhana, Membangun keterampilan mendasar, Menyimpulkan, Memberikan penjelasan lebih lanjut, mengatur strategi, dan teknik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pada analisis data pada tahap Reconnaissance, Siklus I, dan Siklus II ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII C SMP N 6 Semarang tahun pelajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan dengan penggunaan Total Pysical Response berbantuan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata siswa dari tes yang diberikan pada tahap Reconnaissance, Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan.