Penggunaan Vidio Pembelajaran PJOK Untuk Meningkatkan Pengetahuan Gerak Materi Senam Lantai Pada Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 30 Semarang

Authors

  • Ahdani Faqih Mursyidin Faqih Universitas PGRI Semarang
  • Buyung Kusumawardhana Universitas PGRI Semarang
  • Noviana Dini Rahmawati Universitas PGRI Semarang
  • Bowo Dwi Riyanto4 SMP Negeri 30 Semarang

Abstract

PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIIF SMP Negeri 30 Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, kuisioner, tes tertulis, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman gerak siswa. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 11,5% pada pra-siklus menjadi 26,9% pada siklus I, dan mencapai 88,5% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa video pembelajaran yang bersifat audiovisual efektif dalam memvisualisasikan teknik gerakan dengan lebih jelas, interaktif, dan dapat diulang. Siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi, lebih terlibat dalam praktik gerakan, dan mampu belajar secara mandiri di luar kelas.

Media YouTube sebagai sumber belajar terbukti memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk mengakses materi kapan saja dan di mana saja, serta mendukung pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing individu. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi, khususnya video pembelajaran melalui media sosial, dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK, terutama untuk materi yang bersifat psikomotorik seperti senam lantai.

 

References

Dedika Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang pada Mata Pelajaran PJOK Untuk Siswa Kelas V SD. JKTP, 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Jauharuddin, D., Indahwati, N., & Advanta Tarigan, C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Culturally Responsive Teaching (Crt) Terhadap. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 5(2).

Kumalasari, A. N., & Ridwan, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Peserta Didik. In Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga (Vol. 3, Issue 2).

Lutfiana, D., Widiyatmoko, A., & Nasution, M. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Makanan Sehat dan Bergizi Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu al-Qur’an, Hadits, Syariah Dan Tarbiyah, 03, 171–187.

Ramadhan, R., Priambodo, A., Marsudianto, M., Surabaya, U. N., Wetan, J. L., Lakarsantri, K., Surabaya, K., & Timur, J. (2024). Penerapan Metode CRT Untuk Memupuk Antusiasme Belajar Siswa Kelas IV Dalam Materi Aktivitas Permainan SDN Pakis 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2024/2025. Student Research Journal, 2(5), 48–61. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i5.1536

Roisuddin, A., Supriadi, J., & Sunanto, D. (2023). Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Komponen Kecepatan dan kelincahan Melalui Permainan Pada Siswa kelasXI IPA 5. JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga), 3, 139–152.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Faqih, A. F. M., Buyung Kusumawardhana, Noviana Dini Rahmawati, & Bowo Dwi Riyanto4. (2024). Penggunaan Vidio Pembelajaran PJOK Untuk Meningkatkan Pengetahuan Gerak Materi Senam Lantai Pada Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 30 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020260. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7037

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)