Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Kotak Kardus Pada Siswa Kelas Vii G Smp Negeri 37 Semarang

Authors

  • Syahrir Nurrochim Nurrochim Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • Sriyani SMP Negeri 37 Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain lompat kotak kardus pada siswa kelas VII G SMP Negeri 37 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dengan langkah masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Metode pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar tes keterampilan gerak dasar lompat jauh dan lembar observasi. Analisis data menggunakan presentase ketuntasan individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar belajar siswa melebihi KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75 mengalami peningkatan, ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai pra-siklus sebesar 74,48 dengan presentase ketuntasan sebesar 53,12%. Mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 79,02 dan presentase ketuntasan sebesar 68,75%. Kemudian setelah melanjutkan ke suklus II nilai rata-rata lompat jauh siswa mengalami peningkatan sebesar 83,59 dengan presentase ketuntasan 87,50%. Simpulan penilitian ini yaitu bahwa pendekatan bermain lompat kotak kardus dapat meningkatan hasil belajar lompat jauh siswa kelas VII G SMP Negeri 37 Semarang secara signifikan.

Author Biographies

Joko Siswanto, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Fajar Ari Widiyatmoko, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Sriyani, SMP Negeri 37 Semarang

SMP Negeri 37 Semarang

References

Bayu Surya. (2010). Skipping. Diakses dalam (http://bayumuhammad. blogspot.com/2010//). Diunduh pada tanggal 12 September 2014.

Cicik Haryati. (2010). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Pada kelas IV Di SD 5 Sapuran Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo Tahun 2010. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Chrissie Gallagher. (2006). Skipping. Diakses dalam (http://.Chrissie Gallagherblogspot. com/2006//). Diunduh tanggal 12 September 2014

Danu Hoedaya. (2001). Pendekatan Ketrampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Basket. Jakarta: Direktur Jendral Olahraga.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

E Mulyasa. (2009). Praktik PTK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eddy Purnomo. (2007). Gerak Dasar Atletik. Universitas Negeri Yogyakarta. HanKatzenbogner/Michael Medler (Suyono Ds). (1996). Lomba Atletik. PASI.

Hopkins. (1993).. Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York: Maxwell Mac Millan Inc.

I Made Sukardi. (1983). Bimbingan Penyuluhan. Surabaya: Usaha Nasional. Joyce, B., Marsha Weil and Emily Calhoun. (2000).Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon Edisi ke-6.

Muhamad Muhyi Faruq. (2009). Tujuan Lompat Tali. (http://MuhyiFaruq. blogspot. com/2010//). Diunduh pada tanggal 12 September 2014.

Mulyoto. (2000). Penerapan Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Mengembangkan Kreativitas (Studi di SMU Negeri 1 Surakarta). Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Mungin-Edy W. (2008). BNSP KTSP SD. Depdiknas. Murniasari. (2008). Atletik. Jakarta: Ganeka

Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusli Lutan. (2004). Strategi Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka. Saeful Azwar. (2000) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Universitas Terbuka.

Sajoto. (1988). Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondis Fisik Dalam Olahraga, Semarang, Dahara Prize.

Soetoto Pontjopoetro. (2002). Lompat Tali. (http://indoshvong. blogspot. com/2010//). Diunduh pada tanggal 12 September 2014.

Subagiyo, dkk. (2003). Perencanaan Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikunto. (2002). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Syaiful Bahri. (1994). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Tim Abdi Guru. (2006). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Kelas IV. Erlangga.

Udin S Winataputra, M.A., dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yudha M. Saputra. (2001). Teori Bermain. Jakarta. Depdiknas.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nurrochim, S. N., Joko Siswanto, Fajar Ari Widiyatmoko, & Sriyani. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Kotak Kardus Pada Siswa Kelas Vii G Smp Negeri 37 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020296. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7053

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)