Penerapan Pendekatan Tarl Untuk Meningkatkan Keterampilan Lari Jarak Pendek Siswa Kelas Vii I Smpn 2 Semarang

Authors

  • Alfan Il Tizam Universitas PGRI Semarang
  • Dani Slamet Pratama Universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang
  • Rinto Hartadi Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek siswa kelas VII I SMPN 2 Semarang. Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan siswa dalam materi Lari Jarak pendek yang masih perlu perbaikan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Semarang dan menggunakan kelas VII I sebagai kelas eksperimen. Terdapat beberapa fase penelitian yaitu, fase pertama pra-siklus yang bertujuan untuk memperoleh data awal kemampuan siswa, kemudian siklus 1 yang didalamnya terdapat perlakuan menggunakan pendekatan TaRL dan pengambilan data kembali, dan fase terakhir siklus 2 yang juga terdapat perlakuan dengan pendekatan pembelajaran TaRL serta pengambilan data akhir. Data yang diperoleh dari ketiga fase penelitian kemudian diolah menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS dan microsoft excel, dan uji t berpasangan, untuk mengetahui perkembangan rata-rata kelas tiap siklus dan peningkatan persentase ketuntasan siswa. Pada siklus 1 terdapat perkembangan yang signifikan dari hasil Penilaian lari jarak pendek siswa dari hasil prasiklus dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 56%, dan pada siklus 2 terdapat peningkatan persentase ketuntasan nilai keterampilan jarak pendek sebesar 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek siswa kelas VII I SMP Negeri 2 Semarang secara signifikan.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi model pembelajaran TaRL dalam meningkatan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik di sekolah dasar kelas awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 53.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Binus.

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at the right level sebagai wujud pemikiran Ki Hadjar Dewantara di era paradigma baru pendidikan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(1), 10.

Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01).

Idris, A. (2016). Pembinaan Cabang Olahraga Atletik PPLPD Kabupaten Nganjuk. Jurnal Kesehatan Olahraga, 4(4), 1–9.

Maulana, F., & SA, A. O. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Metode Pembelajaran Penugasan Dalam Materi Pembelajaran Senam Lantai Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 2 Kota Sukabumi. Utile: Jurnal Kependidikan, 5(1), 27–34.

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Rahmat, Z. (2015). Atletik Dasar & Lanjutan. Atletik Dasar & Lanjutan, 1–97.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Suharyani, Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. 8(2), 470–479.

Zahrudin, M., Ismail, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Policy analysis of implementation of minimum competency assessment as an effort to improve reading literacy of students in schools. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Il Tizam, A., Pratama, D. S., Kresnapati, P., & Hartadi, R. (2024). Penerapan Pendekatan Tarl Untuk Meningkatkan Keterampilan Lari Jarak Pendek Siswa Kelas Vii I Smpn 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020298. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7061

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi