Upaya Peningkatan Keterampilan Passing Permainan Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola Spon Kelas X LK 1 SMK N 8 Semarang

Authors

  • Wahyu Kridho Prayogo Universitas PGRI Semarang
  • Ibnu Fatkhu Royana
  • Dewi Trisnasari

Keywords:

Bola Voli, passing atas, Passing Bawah, Modifikasi Bola Spon

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan passing atas dan passing bawah permainan bola voli menggunakan modifikasi bola spon kelas X LK 1 SMK N 8 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X LK 1 SMK N 8 Semarang. Model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model PBL (Problem Based Learning). Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya peningkatan keterampilan passing atas dan passing bawah permainan bola voli menggunakan modifikasi bola spon dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam melakukan passing permainan boal voli. Proses pembelajaran pada siklus I menunjukan hasil nilai keterampilan tuntas 15 peserta didik atau 44%, tidak tuntas 21 peserta didik atau 56%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil nilai ketuntasan keterampilan sebanyak 33 peserta didik atau 91%, tidak tuntas 3 peserta didik atau 9%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil keterampilan teknik passing atas dan passing bawah permainan bola voli menggunakan modifikasi bola spon kelas X LK 1 SMK N 8 Semarang.

References

Afdi, R. B., Zulman, Z., & Asmi, A. (2019). Pengaruh Model Latihan Passing Terhadap Kemampuan Passing Bawah Dan Passing Atas Pemain Bolavoli. Sport Science, 19(1), 33- 40.

Arikunt, Suharsimi (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta ] Rineka Cifta. Batiurat, W., Wandik, Y., & Putra, M. F. P. (2023). Modifikasi permainan bolavoli dalam pendidikan jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(4), 272-

Beutelstahl, D. (2009) Belajar Bermain Bola Voli. Alih Bahasa Oleh Tim Redaksi Pionir Jaya

.Bandung : Pionir Jaya

Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.

Faozi, F., Sanusi, H., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 51- 60.

FINGKAN ANGGUN, Y. U. N. I. A. R. (2023). PEMANFAATAN MEDIA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA SMP NEGERI 4 NATAR.

Hakim, A. R., Jayanti, K. D., & Febrianti, R. (2023). Penerapan Permainan Bola Spon untuk Meningkatkan Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Sekolah Dasar. Penerapan Permainan Bola Spon untuk Meningkatkan Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Sekolah Dasar, 9(1), 178-188.

Ilham, I., Oktadinata, A., & Idham, I. (2019). Analisis Keterampilan Passing Bawah Dan Passing Atas Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 8(1), 56-67.

Kater, J., Purnomo, E., & Haetami, M. Modifikasi Media Pembelajaran Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Bolavoli di Sdn 23 Engkudu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(5).

Masrian, dkk. 2016. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VIII. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Nurdin, S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 1(1), 1-12.

Roji, R., & Yulianti, E. (2017). Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMP/MTs Kelas VIII: buku guru.

Sarwoto. (1994). interaksi Belajar Mengajar. Surakarta UNS Press.

Showab, A., & Djawa, B. (2019). Pengaruh modifikasi permainan bola voli terhadap kegembiraan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(3), 307-312.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Prayogo, W. K., Ibnu Fatkhu Royana, & Dewi Trisnasari. (2024). Upaya Peningkatan Keterampilan Passing Permainan Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola Spon Kelas X LK 1 SMK N 8 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020344. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7120

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.