Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Media PaTarGan pada Materi Pembagian Kelas III di Sekolah Dasar

Authors

  • Fika Erlina Nofitasari Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil belajar, Media pembelajaran PaTarGan, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada materi pembagian melalui penggunaan media PaTarGan (Papan Pintar Pembagian). Rendahnya nilai hasil belajar siswa dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Metode yang digunakan peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi sekarang. Data diambil melalui observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang dengan banyaknya siswa ada 29. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas III masih rendah. Hasil belajar Matematika dari penilaian ulangan harian bahwa terdapat 44% siswa kelas III yang mendapatkan nilai di bawah KKM (75). Adapun persentase ketuntasan klasikal sebesar 56% kategori tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media PaTarGan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu pada pra siklus dengan nilai rata-rata 72,41 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 56%, sedangkan pada siklus I dengan nilai rata–rata 76,89 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 66%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 10% dari pra siklus ke siklus I. sedangkan pada siklus II dengan nilai rata–rata 83,79 dan ketuntasan secara klasikal 90%. Maka terjadi peningkatan sebesar 24% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media PaTarGan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif matematika pada materi operasi hitung pembagian di kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang.

References

Aliyyah, R.R., dkk. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1). 54-71.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA SE-Kota STABAT. Jurnal Biolokus, 1(2).

Biassari, I., Putri, E.K., & KHolifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). 2322-2329.

Dada.(2022). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Papan Musi Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas III. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1). 10-15.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki HajarDewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).

Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas Iv Sdn 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam.Vol.1 (1).80-85.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8(2), 121-129.

Iskandar. 2013. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 63–73. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2 019.8-14.

Kusumah, W Mediijaya & Dwitagama Dedi. 2013. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indekas Permata Putri Media

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1).

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamanlarea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1).

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173.DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v 3i1.251.

Yanti, E. R. W., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1010–102.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fika Erlina Nofitasari. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Media PaTarGan pada Materi Pembagian Kelas III di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2245–2254. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5376

Issue

Section

Prosiding 2023