Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pagi pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Plamongansari 02 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran Pagi (Papan Bagi), MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pagi Pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Plamongansari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Langkah-langkah PTKK, yaitu sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rata-rata dan persentase. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Plamongansari 02 Semarang dengan banyaknya siswa ada 26 siswa. Berdasarkan data prasiklus hasil belajar Matematika siswa kelas IV masih rendah yaitu terdapat 62% siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (75) atau belum tuntas dan 38% siswa yang mendapat nilai di atas KKM dengan kategori tuntas. Hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan siklus I presentase rata-rata sebesar 65,38 % dan siklus II presentase rata-rata sebesar 88,46%. Pada ranah afektif siklus I presentase rata-rata sebesar 77,24% dan siklus II presentase rata-rata sebesar 88,58%. Sedangkan pada ranah psikomotorik siklus I presentase rata-rata sebesar 76,14% dan pada siklus II presentase rata-rata sebesar 88,71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media Pagi (Papan Bagi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran matematika kelas IV SDN Plamongansari 02 Semarang.
References
Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
B. uno, Hamzah. 2014. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 63–73. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Murtono. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: Wade Group.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Ramadha, Lis Eka & Zuhaida, Angun. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Flash Card. Journal of Classroom Action Research, 2021 (3) 2 : 46-52. DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v3i2.834.
Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendelatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.