Peningkatkan Pembelajaran Passing pada Materi Sepak Bola Melalui Metode Learning Together

Authors

  • Syahrul Universitas PGRI Semarang
  • Slamet Universitas PGRI Semarang
  • Junaidi Universitas PGRI Semarang
  • Muh Isna Nurdin Wibisana

Keywords:

Passing, Sepak bola, Learning together, passing, sepak bola, learning together, pembelajaran kooperatif, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing sepak bola siswa kelas X TITL II SMK Negeri 03 Semarang melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Learning Together. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan passing siswa dari nilai rata-rata 62,20 pada prasiklus, menjadi 67,62 pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 77,24 pada siklus II. Penerapan metode Learning Together yang dikombinasikan dengan pendekatan Drill and Practice terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar passing serta partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis kolaborasi mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, mendukung penguasaan keterampilan motorik, dan sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menerapkan metode ini pada keterampilan PJOK lainnya seperti dribbling, shooting, atau pada jenjang pendidikan yang berbeda guna menguji konsistensi efektivitasnya secara lebih luas.

Author Biographies

Syahrul, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Slamet, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Junaidi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Ardana, A. A. K. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe belajar bersama (Learning Together) sebagai upaya peningkatan hasil belajar PJOK pada siswa kelas IV SD Negeri 20 Cakranegara. Media Bina Ilmiah, 13(8), 1445–1456.

Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Ayustina, S. G., & Mustofa, M. (2021). Peningkatan hasil belajar melalui model cooperative learning together pelajaran keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam kelas IVB SD N Kestalan Surakarta 2021/2022. Jurnal Handayani PGSFD FIP Unimed, 12(2), 82–87.

Brilliant Pratama, A. (2023). Upaya penggunaan media botol plastik untuk meningkatkan keterampilan renang gaya bebas pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sukodono tahun ajaran 2022/2023. (Doctoral Dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya).

Cahyani, S. A., Irianto, D. M., & Furnamasari, Y. F. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2258

Huda, M. (2015). Cooperative learning: Efektivitas pembelajaran kelompok.

Kristiyanto, A. (2018). Penelitian tindakan kelas. UNS Press.

Lestari, W. (2025). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. Journal of Education and Pedagogical Studies, 1(1), 8–14.

Luji, A. L. (2022). Penerapan permainan soccer like games dalam pembelajaran sepak bola untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XE SMA Negeri 1 Lobalain. Jurnal Mitra Pendidikan, 6(8), 506–502.

Mashud, S. P. (2021). Penelitian tindakan berbasis project based learning kelas pendidikan jasmani (PTK) & kelas olahraga (PTO).

Pramadani, T., & Sari, D. M. (2021). Penilaian kemampuan passing sepak bola melalui observasi penilaian pada kegiatan ekstrakurikuler sepak bola SD Negeri 107826 Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan tahun ajaran 2020/2021. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(1), 33–39.

Raibowo, S., N. Y. E., & M. M. K. (2019). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal of Sport Education, 2(1), 10.

Standar, B. (2022). Capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Zifatama Jawara. Pangga, D., & Kuntjoro, B. F. T. (2023). Meningkatkan hasil belajar PJOK melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada siswa kelas III UPT SDN 22 Gresik. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 122–134.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

fitriyanto, syahrul, Pratama, D., Junaidi, A., & Wibisana, M. I. N. (2024). Peningkatkan Pembelajaran Passing pada Materi Sepak Bola Melalui Metode Learning Together. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020315. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7132

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi