Upaya Peningkatan Ketrampilan Chest Pass Bola Basket Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas X-L SMA Negeri 6 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Keywords:
Hasil belajar, chest pass, pendekatan bermainAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan siswa kelas X-L SMA Negeri 6 Semarang dalam melakukan chest pass pada permainan bola basket. Kendala utama yang ditemukan adalah kurangnya ketepatan, kekuatan, serta koordinasi dalam melakukan gerakan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan chest pass siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis permainan, yang dirancang agar proses belajar menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, tes praktik chest pass, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskiptif kuantitatif. Hasil pelaksanaan tindakan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan chest pass. Pada siklus pertama, tingkat ketuntasan siswa baru mencapai 58%, namun setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua, persentase tersebut meningkat menjadi 86%. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan bermain mampu mendorong peningkatan keterampilan teknik dasar bola basket secara efektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan bermain merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan chest pass dalam bola basket pada siswa kelas X-L SMA Negeri 6 Semarang
References
Fauzi, M. K., Priyanto, P., & Suratman, S. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLABASKET MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL. Unnes Journal of Sport Sciences, 4(1).
Febriyanto, A., & Pardini, G. C. TEORI DAN PRAKTEK PERMAINAN BOLA BASKET: Pelatihan dan Perwasitan. Penerbit K-Media
Jospiah, J. (2017). Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SD Negeri 025 Koto Sentajo. Primary, 6(2), 556-563
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184-195
Nugroho, A., & Raharjo, F. M. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Chest Pass Dalam Bermain Bola Basket Dengan Penerapan Variasi Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Siswa Kelas VIII SMP Santa Maria Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(1), 24-29.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.
Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196-205
Sumardi, S. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GALING KABUPATEN SAMBAS (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).
Syafruddin, M. A., Jahrir, A. S., & Yusuf, A. (2022). Peran pendidikan jasmani dan olahraga dalam pembentukan karakter bangsa. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 10(2), 73-83.