Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Dribble Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi-4 Sma Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

  • Said Al Khodri Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • Muh. Isna Nurdin Wibisana Universitas PGRI Semarang
  • Asih Jayanti SMA Negeri 10 Semarang

Keywords:

TaRL, dribling sepakbola, Keterampilan, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dribble bola basket siswa kelas XI-4 SMA Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2024/2025 melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Pendekatan TaRL merupakan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan materi ajar dengan kemampuan aktual siswa berdasarkan asesmen diagnostik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 34 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 22 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL secara signifikan meningkatkan keterampilan dribble siswa. Pada tahap pra-siklus, hanya 44,12% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah pelaksanaan dua siklus tindakan, ketuntasan meningkat menjadi 73,52%. Pendekatan ini terbukti efektif karena mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa, meningkatkan partisipasi aktif, dan memperkuat keterlibatan emosional mereka dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan TaRL dapat menjadi alternatif yang tepat dalam pembelajaran PJOK, khususnya untuk meningkatkan keterampilan motorik seperti dribble bola basket.

References

Arikunto. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Pt Bumi Aksara.

Banerji, R., & Chavan, M. (2020). Teaching at the Right Level: A review of the approach and its impact. International Journal of Educational Development.

Hanafi, A. (2022). Pembelajaran teknik dasar bola basket dalam konteks PJOK di SMA. Jurnal Ilmu Keolahragaan Indonesia, 45–53.

Mitasari, M. (2023). The Principles of Teaching at the Right Level (TaRL) Approach in a New Learning Paradigm of Indonesian Context. The 2nd English National Seminar.

Olahraganesia.id. (2023). Panduan Lengkap Menguasai Teknik Dasar Dribbling Bola Basket. Retrieved from Https://Olahraganesia.Id/Teknik-Dasar-Dribbling-Bola-Basket/. https://olahraganesia.id/teknik-dasar-dribbling-bola-basket/

Rahmat, H., & Sugianto, S. (2021). Peran Observasi dalam Penelitian Tindakan Kelas untuk Mengukur Kinerja Guru dan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan.

Salmah, T., Siregar, I., & Satari, N. I. (2025). Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mengubah Tantangan Menjadi Solusi yang Inovatif dan Efektif. Jurnal Ta’limuna. https://www.institutabdullahsaid.ac.id/e-journal/index.php/jurnal-ta-limuna/article/view/282

Siregar, I., & Satari, N. I. (2025). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Sungkono. (2023). Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Academia.Edu. https://www.academia.edu/11857383/

Syah, D. F., Suryaningsih, L., & Ridwan, M. (2024). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR GERAK DASAR SHOOTING SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN TARL. 2, 164–170.

Syahputra, H. (2022). Pengaruh Latihan Terstruktur Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Dalam Bola Basket. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan.

Wahyudi, W., Indrapangastuti, D., & Rokhmaniyah, R. (2023). Pembelajaran PTK Melalui Model Project-Based Learning pada Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Dwi Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik.

Widodo, H., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Dokumentasi Visual dalam Meningkatkan Validitas Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Said Al Khodri, Fajar Ari Widiyatmoko, Muh. Isna Nurdin Wibisana, & Asih Jayanti. (2025). Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Dribble Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi-4 Sma Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010172. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7198

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.