Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terintegrasi Permainan Kuis Berkelompok

Authors

  • Rizky Amalia Universitas PGRI Semarang
  • M Syaipul Hayat
  • Rivanna C Rachmawati
  • Susilo Wardani

Keywords:

Hasil Belajar, Permainan, Problem Based Learning

Abstract

Proporsi pembelajaran praktik dan kelas pada sekolah kejuruan seringkali kurang ideal sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi permainan kuis secara berkelompok. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berasal dari uji kognitif, lembar penilaian presentasi, dan lembar observasi keaktifan peserta didik. Sampel peneltian adalah peserta didik kelas XI ATPH A SMK Negeri 1 Bawen dengan sejumlah 34 individu pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan nilai pada hasil asesmen formatif sebesar 70,59% dan presentasi 94,11% di siklus II. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan ketuntasan nilai pada siklus I dengan persentase asesmen formatif 32,35% dan presentasi sebesar 94,11%. Peserta didik menjadi lebih aktif dilihat dari persentase keaktifan pada siklus I sebesar 54,41% naik menjadi 91,91% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi permainan kuis kelompok mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Bili, M. R., & Ate, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Program Linear untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. e-Saintika, 1(2), 81-86. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.105.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272.

Eliyani, C., & Yanto, H. (2016). Determinan kesiapan kerja siswa SMK kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di Kota Semarang. Journal of Economic Education, 5(1), 22-30. https://journal.unnes.ac.id/sju/jeec/article/view/13013.

Gewurtz, R. E., Coman, L., Dhillon, S., Jung, B., & Solomon, P. (2016). Problem-based learning and theories of teaching and learning in health professional education. Journal of Perspectives in Applied Academic Practice, 4(1). https://doi.org/10.14297/jpaap.v-4i1.194.

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal basicedu, 5(3), 1509-1517. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.968.

Indonesia, P. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 1-16.

Lestari, D. S., Hayat, M. S., Rachmawati, R. C., & Ansori, M. (2023). Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Melalui PBL pada Materi Sistem Respirasi: Ability to Solve Problems and Cognitive Learning Outcomes Through PBL on the Topic of Respiratory System. BIODIK, 9(3), 14-22. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28159.

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195-207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849.

Mentari, S., & Irafahmi, D. T. (2022). Membuka Wawasan Siswa dalam Perencanaan Orientasi Karir: Memasuki Dunia Kerja, Berwirausaha dan Studi Lanjut. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 302-307. https://doi.org/10.54951/comsep.v-3i3.370.

Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran ips sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31-37. https://doi.org/10.26740/-jrpd.v7n1.p31-37.

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352-364. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489.

Rahmat, E. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144-159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955.

Rahmawati, D. N. U., Wahyuni, S., Rahmawati, R., & Frasandy, R. N. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Aspek Psikomotor. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.32332/gqv9y877.

Ramlan, P., Jamaluddin, J., Rasyid, R. E., Sadapotto, A., Haslinda, H., Nurmayanti, N., & Thahir, I. M. C. (2024). Pendampingan Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja di SMK Negeri 1 Soppeng. Madaniya, 5(4), 1649-1654. https://doi.org/10.53696/-27214834.971.

Safaruddin, N. F., & Rudi, L. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 9(1), 40-54. https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i1.48.

Tasrif, E., Huda, Y., Rianda, P., & Putra, P. A. (2023). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMK. Journal of Research and Investigation in Education, 53-57. https://doi.org/-10.37034/residu.v1i2.146.

Wahdaniyah, I., Utami, N. H., Desy, H., & Santi, I. R. (2024). Sikap Tanggung Jawab Dan Psikomotorik Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Budaya Literasi Digital Lahan Basah (Cldw) Materi Pemanasan Global. Pena Jangkar, 3(2), 25-33. https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.69.

Yew, E. H., & Goh, K. (2016). Problem-based learning: An overview of its process and impact on learning. Health professions education, 2(2), 75-79. https://doi.org/10.1016/j.hpe-.2016.01.004.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rizky Amalia, M Syaipul Hayat, Rivanna C Rachmawati, & Susilo Wardani. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terintegrasi Permainan Kuis Berkelompok. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020368. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7309

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Similar Articles

<< < 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.