mproving Students’ Speaking Skill by Using Contextual Teaching and Learning
Keywords:
Berbicara, Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual di kelas dua belas SMA Kesatrian 2 Semarang pada tahun ajaran 2023/2024. Berbicara dipilih menjadi prioritas untuk ditingkatkan karena sekolah ini merupakan sekolah bilingual dan guru bahasa Inggris di sana menggunakan 100 persen bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. Subyek penelitian ini terdiri dari 29 siswa. Penelitian tindakan kelas kolaboratif digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini. Catatan lapangan, pre-test dan post-test digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa. Pada pre-test sebelum penerapan metode Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual, nilai rata-rata siswa hanya 73,10. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan metode Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual, nilai rata-rata siswa menjadi 77,20 pada post-test pertama dan 80,10 pada post-test kedua. Karena ada peningkatan dari dua siklus tersebut, maka guru bahasa Inggris dan peneliti menghentikan hanya dua siklus dan tidak melanjutkan ke siklus berikutnya. Mengetahui hasil nilai rata-rata siswa, dapat disimpulkan bahwa Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas dua belas SMA Kesatrian 2 Semarang pada tahun ajaran 2023/2024.
References
Aeni, N., & Arini, R. (2015). Using English Movies to Enhance Grade XI Students‟ Speaking Skill (A Classroom Action Research Conducted in SMAN 1 Seyegan, Sleman). JELE (Journal of English Language and Education), 1(1), 79. https://doi.org/10.26486/jele.v1i1.73
Akbarani, R. (2019). How to Improve Speaking Skill using Treffinger Learning Model? Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i2.10066
Annisa, H., Viani, O., & Hermayawati, H. (2015). Improving Students‟ Listening Competence by Using Contextual Teaching and Learning (A Classroom Action Research Conducted at the Second Grade of MTs. Ma‟arif 2 Muntilan, Magelang). JELE (Journal of English Language and Education), 1(1), 63. https://doi.org/10.26486/jele.v1i1.22
Ginting, N., Situmorang, N. A., Aries Tanti, A., Saras Putri, D., & Tarigan, S. N. (2021). IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS BY DIGITAL STORYTELLING TECHNIQUE IN PANDEMI COVIC-19. ELT (English Language Teaching Prima Journal), 2(2), 82–99. https://doi.org/10.34012/eltp.v2i2.1753
Mahsar, L. (2021). TEACHING ENGLISH USING CONTENT-BASED INSTRUCTION (CBI) IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL (A Classroom Action Research in the Second Grade Students of PoltekparLombok). Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 241–254. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.342
Prima Sari, A. S., & Br Sembiring, R. K. (2019). Improving Students’ English Speaking Skill Through the Implementation of Talking Stick Method to the Fifth Grade Students of State Primary School 028226 Binjai. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 507–513. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.552
Putra, R. M., Solekhah, S., Agustina, D. D., & Sobirov, B. (2022). Action Learning Strategy to Enhance Students Speaking Skill: A Classroom Action Research. Anglophile Journal, 2(1), 37. https://doi.org/10.51278/anglophile.v2i1.269
Syafii, M. L., Sugianto, A., & Cendriono, N. (2019). IMPROVING STUDENTS� SPEAKING SKILL BY USING MULTIMEDIA PRESENTATION STRATEGY. English Review: Journal of English Education, 7(2), 125. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1690
Windi, W., & Suryaman, M. (2022). Improving Students’ Ability in Writing Descriptive Text Through Contextual Teaching and Learning Approach. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 151–155. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.399
Yusyac, R., Muslem, A., & Yasin, B. (2021). Using contextual teaching and learning (CTL) approach to improve students’ speaking ability. English Education Journal, 12(3), 459–475. https://doi.org/10.24815/eej.v12i3.19189