PENINGKATAN KETERAMPILAN ANALISIS PUISI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMAN 14 SEMARANG

Authors

  • Sulistianingsih Universitas PGRI Semarang

Keywords:

enhancement, differentiated learning, TaRL

Abstract

The research method used is a quantitative method. Research methods and techniques were carried out using questionnaire methods on Google Form media and observation methods in the implementation of learning. The results of the research describe that the application of the Teaching at The Right Level (TaRL) approach in differentiated learning experiences an increase in learning outcomes in each cycle. Learning outcomes in cycle I obtained an average value of 76.9 and increased to 83.8 in cycle II

References

Ahyar, Nurhidayah, dan Adi Saputra. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal”. JIIP. Volume 5, Nomor 11.

Arikunto, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kuryani, Tutus dan Heni Lestari. 2023. Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen II. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lestari, Heni dan Tutus Kuryani. 2023. Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen I. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Listyaningsih, Erna, Nursiwi Nugrahen, dan Ira Budi Yuliasih. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar melalui Pendekatan TaRL Model PBL dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor”. Multidisiplin. Volume 1, Nomor 6.

Permata, Jeliana Intan, YL. Sukestiyarno, dan Nathan Hindaryo. 2017. “Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas dalam Pembelajaran CPS dengan Asesmen Diagnostik.” Unnes Journal of Mathematics Education Research. Volume 6 Nomor 2.

Peto, Josmartin. 2022. “Melalui Model Teaching At The Right Level (TaRL) Metode Pemberian Tugas untuk Menigkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris KD. 3.4/4.4 Materi Narrative Text di Kelas X.IPK.3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6, Nomor 2.

Purwati, Wiji Antika dkk. 2023. “Analisis Asesmen Diagnostik pada Model Pembelajaran Project Based Learning di Kurikulum Merdeka SMPN Sine”. Pedagogy. Volume 8 Nomor 1, halaman 250—263.

Sun, Yuan dan Masayuki Suzuki. 2013. “Diagnostic Assessment for Improving Teaching Practice”. International Journal of Information and Education Technology. Volume 3 Nomor 6, halaman 604.

Supriyadi dkk. 2022. “Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka”. Journal of Community Empowerment. Volume 2 Nomor 2, halaman 63—69.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Sulistianingsih. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN ANALISIS PUISI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMAN 14 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 125–133. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6249

Issue

Section

Bahasa Indonesia