PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI PESERTA DIDIK KELAS X-2 SMA NEGERI 5 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Kontrol Diri, Bimbingan Kelompok, SosiodramaAbstract
Berdasarkan hasil analisis instrument AKPD dari aspek landasan prilaku etis pada item ke-3 yaitu: “Saya masih sering terbawa arus pergaulan yang kurang baik” diperoleh persentase 3,4% dengan kategori tinggi. Dari hasil ini penulis menyimpulkan masih banyaknya siswa yang mengikuti arus pergaulan yang kurang baik. Hal ini diasumsikan karena kurangnya kontrol diri pada siswa ini terlihat dari rendahnya kemampuan siswa memodifikasi perilaku pada kondisi yang tidak menyenangkan dirinya (kontrol perilaku). Berdasarkan masalah di atas penulis melaksanakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) Untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok Teknik sosiodrama dapat meningkatkan kontrol diri siswa kelas X-2 SMAN 1 Semarang.. Penelitian ini dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/ observasi dan refleksi dari tindakan yang sudah dilakukan. Hasil tindakan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dengan dua siklus diketahui bahwa adanya peningkatan kontrol diri siswa, tidak ada lagi siswa yang control dirinya rendah. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan control diri siswa kelas X-2 SMAN 1 Semarang.
References
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.
Fatahillah, Mr., Ayatina Hayati, S., & Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, U. (2024). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa-Siswi Kelas X Smk Bina Banua Banjarmasin. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 17–22.
Folastri, Sisca. 2016. Prosedur layanan Bimbingan & Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press.
Ghufron, M. N. & Risnawati, R. (2012). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32.
Hulukati, W., 2016. Pengembangan Diri Siswa SMA (Edisi-1). Ideas Publising.
Kartini, Sri. (2019). Krisis Percaya Diri. Semarang: Mutiara Aksara.
Maisunah, M. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 103–115.
Prayitno. 2004. Layanan L1-L9, Padang: UNP.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK Jurusan BK UNP.
Priansa, Donni, J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia