EFEKTIFITAS PERMAINAN BOWLING TERHADAP PENINGKATAN HASIL KETERAMPILAN LEMPAR CAKRAM KELAS XI ULP 1 SMK NEGERI 2 SEMARANG

Authors

  • moh alfin hutomo Universitas PGRI Semarang
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang
  • David Firna Setiawan Universitas PGRI Semarang
  • Hendri Puryantono Universitas PGRI Semarang

Keywords:

lempar cakram, bowling, efektifitas

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada SMK N 2 Semarang rata-rata keterampilan lempar cakram pada peserta didik kelas XI ULP 1 SMK N 2 Semarang masih berada dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat efektifitas permainan bowling terhadap peningkatkan hasil keterampilan lempar cakram pada siswa kelas XI ULP 1 SMK N 2 Semarang yang berjumlah 35 siswa. Metodi penelitian ini, menggunakan penelitian tindakan kelas dikarenakan penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasiil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata (mean) nilai N-Gain sebesar 0,1814 dengan standar deviasi sebesar 0,44005. Berdasarkan rata-rata nilai N-Gain tersebut, peningkatan hasil belajar siswa berada dalam kategori rendah, karena nilai rata-rata N-Gain berada di bawah 0,3, maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu permainan bowling kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar lempar cakram.

References

Cahyono, C., Yarmani, Y., & Arwin, A. (2018). Meningkatkan Teknik Dasar Lempar Cakram Dalam Proses Belajar Mengajardengan Menggunakan Media Modifikasi. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 1–10.

Ilham, Z. (2017). Hubungan Antara Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Hasil Lompat Tinggi Gaya Straddle Siswa Putra Kelas X Smk Yps Prabumulih. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16(1), 12–21.

Khan, R. I., & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng. Universum, 10(01), 65–71.

mawarni, yunita, & muthi, ibnu. (2024). Optimalisasi Peran Pendidikan Olahraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Anak-Anak Tentang Kesehatan Tubuh.

Rahmat, M. Y., & Isnawati, N. (2022). Kontribusi Permainan Bowling Terhadap Motorik Kasar Siswa. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(2), 125–129.

Safitri, A., Maghfiroh, I., Khafis, A., & Panggraita, G. N. (2021). Profil Kebugaran Jasmani Atlet Petanque Kabupaten Pekalongan. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(1), 126–137.

Setiawan, M. F. M., Carsiwan, C., Al Ghazala, M. D. A., & Rahmadayanti, R. S. (2025). Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 15(2), 81–91.

Sukendro, S., & Yuliawan, E. (2019). Dasar-Dasar Atletik. Salim Media Indonesia.

Yulia Sari, Y., Putri Ulfani, D., & Ramos, M. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Vol. 6, Issue 2). https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

moh alfin hutomo, Asep Ardiyanto, David Firna Setiawan, & Hendri Puryantono. (2025). EFEKTIFITAS PERMAINAN BOWLING TERHADAP PENINGKATAN HASIL KETERAMPILAN LEMPAR CAKRAM KELAS XI ULP 1 SMK NEGERI 2 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020198. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7313

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)